10 Kota Tersehat di Dunia

By - On 4 November 2014 - Categories : Kesehatan

10 Kota Tersehat di Dunia – Ternyata ada juga beberapa kota di dunia ini yang menyandang predikat sebagai kota tersehat di dunia. Kota yang sehat tentunya akan memiliki masyarakat yang sehat juga. Hal ini disebabkan karena sistem pelayanan kesehatan yang baik dan juga sangat terorganisasi sehingga dapat mendorong pencegahan penyakit. Kira-kira kota apa saja yang terpilih menjadi kota tersehat di dunia? ini dia 10 kota tersehat di dunia yang dilangsir oleh CNN.

10 Kota Tersehat di Dunia
10 Kota Tersehat di Dunia

1. Okinawa

Berbicara mengenai kota tersehat di dunia, salah satu kota di Jepang ini menjadi salah satu kota tersehat di dunia. Usia harapan hidup di Jepang memiliki umur yang cukup tinggi yaitu, 86 tahun untuk perempuan dan 78 tahun untuk laki-laki. Ini 10 tahun lebih lama dibanding usia harapan hidup manusia secara global.

Walaupun secara finansial okinawa merupakan urutan terbawah kota-kota di Jepang, akan tetapi okinawa tetap memiliki kualitas hidup yang terbaik. Pola makan yang sehat dan juga latihan fisik yang keras yang dipercaya menjadi rahasia mereka. Masyarakat okinawa kebanyakan mengkonsumsi sayuran hijau, kentang manis, kedelai dan ikan. Mereka juga jarang mengkonsumsi daging merah, meminum alkohol dan juga jarang ada yang merokok.

2. Kopenhagen

Kota ini juga masuk dalam 10 kota tersehat di dunia. Di kota yang cantik ini, masyarakatnya yang bekerja sebagai pegawai hanya 2 persen saja yang bekerja lebih dari 40 jam per pekan dimana sisanya masih memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, mengikuti klub olahraga, menjadi relawan atau berpartisipasi pada progarm komunitas. Kebanyakan program kesehatan disana juga bebas biaya.

Dengan memiliki waktu yang seimbang antara kerja dan bersantai dengan teman dan keluarga, ternyata hal itu dapat membantu menurunkan stres dan juga dapat meningkatkan kebahagiaan. Selain itu juga suasana lingkunganya sangat menenagkan. Banyak sekali disediakan area bagi pejalan kaki dan pesepesa.

3. Monte Carlo

Kota yang merupakan bagian dari negara Monako ini masuk menjadi salah satu kota tersehat di dunia karena memiliki angka kematian bayi terendah di dunia, dimana hanya 1,81 kematian per 1.000 kelahiran. Alasanya, pelayanan kesehatan pada kota ini sangat mengutamakan pada pencegahan, edukasi dan pemindaian. Akses terhadap pelayanan kesehatan yang baik akan sangat membantu mengurangi kejadian yang tidak diinginkan terkait kesehatan.

4. Vancouver

Vancouver merupakan salah satu kota dengan udara terbesih di dunia. Hal ini karena kota yang berada di negara Kanada ini mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat banyaknya tumbuhan alami di sekitar kota. Hutan dan lautan di kota ini juga dijaga kebersihanya sehingga membuat udara di kota ini menjadi murni kembali. Karena salah satu penyebab banyak kematian adalah polusi. Polusi dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, asma, berat badan lahir rendah dan juga kanker paru-paru.

5. Melbourne

Kota yang terletak di pinggir laut ini memiliki air yang jernih, arsitektur menarik, banyak area dengan tumbuhan rindang dan juga suhu udara yang sangat nyaman. Melbourne menjadi salah satu kota tersehat di dunia karena masyarakatnya tidak ada yang hidup di dalam tekanan. Kotanya juga bersih, aman dan sangat bersahabat. Tidak ada suhu yang menyiksa dan juga infrastruktur yang menyusahkan. Melbourne juga memiliki jaringan kereta listrik yang sangat baik, ada sistem penyewaan sepeda dan memiliki aktivitas dalam bidang seni yang tinggi. Hal inilah yang membuat masyarakat melbourne merasa nyaman dan jauh dari stress sehingga mendorong mental masyarakat menjadi lebih sehat.

6. New York

Mungkin anda cukup heran mengapa kota New York menjadi salah satu kota tersehat di dunia. Padahal kita tau bahwa kota ini bukan kota yang menyenangkan sebab kota ini sangat berisik, padat penduduk, lalu lintas yang padat dan berbahaya serta transportasi yang cukup untuk membuat stres. Namun taukah anda bahwa, orang-orang yang sensitif terhadap asap rokok, New York adalah surganya. Kota ini sangat berusaha keras dalam menekan jumlah perokok. Hal ini sudah dimulai sejak 2002 ketika walokota Michael Bloomberg melarang masyarakatnya merokok di area umum. Larang merokok ini ternyata berhasil menurunkan jumlah perokok sebanyak 28 persen. Dalam hal ini pesan yang ingin disampaikan adalah, bukanya merokok adalah suatu kejahatan, akan tetapi untuk mengedepankan hak masyarakat lain yang tidak merokok untuk mendapatkan udaea bersih setiap bernafas.

7. Jonkoping

Pada negara Swdia, mereka menerapkan sebuah sistem yang bernama Esther Project. Sistem ini membuat pekerja dan pembuat keputusan menilai sesuatu berdasarkan pemikiran apa yang nyaman bagi tokoh imajiner bernama Esther yang berusia 88 tahun. Dimana masyaraktanya saat akan mengambil suatu keputusan akan membayangkan tokoh yang bernama Esther. Misal, bagaimana bila Esther tinggal di sebuah wialayah, dan mengalami sakit di dada, sementara anakanya berada di wilayah lain. Bagaimana caranya membuat transportasi yang mempercepat dan memudahkan anaknya mencapar Esther supaya bisa langsung di bawa ke rumah sakit. Segala hal yang terkait dengan kesejahteraan seseorang sering dikaitkan dengan soso Esther, sehingga hal ini membuat pembuatan keputusan bisa membayangkan cara-cara yang bijak dan terbaik. Hal ini kemudian membantuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang mana akhirnya mengurangi beban pengeluaran di sektor lain.

8. Havana

Tidak dapat dibayangkan jika havana masuk dalam salah satu kota tersehat. Sebab negara ini adalah salah satu negara dengan penduduk termuskin dan memiliki embargo perdagangan dari AS yang mana membuat negara ini jauh dari peralatan kesehatan yang maju. Ternyata justru karena embargo tersebut membuat kora ini berfokus pada pencegahan penyakit dan berusaha untuk mengajak masyarakatnya untuk menghindari rumah sakit sebisanya. Mereka akan menkankan pada suntik vaksinasi dan pengecekan kesehatan sebisanya. Disana juga sekolah kesehatan dibuat gratis untuk menyebarkan pendidikan kesehatan sebanyak-banyaknya di masyarakat.

9. Singapura

Kota dan negara yang menjadi tetangga kita ini dan sering menjadi tujuan kita masyarakat Indonesia dalam hal kesehatan. Kota ini memiliki program kesehatan publik yang digunakan 80 persen oleh masyarakatnya. Penggunaan anggaran kesehatan publik Singapura termasuk paling hemat dibanding negara maju lainya. Sebab mentri kesehatan meminta masyarakatnya untuk menabung di tabungan khusus yang bernama medisave, yang mana akan menjadi dana cadangan seandainya ada masalah kesehatan bagi masing-masing warganya di kemudian hari. Warga juga mendapat subsidi pelayanan kesehatan tergantung dengan tingkat penghasilanya. Program-program lainya juga dibuat dan ditekankan untuk menjaga kesehatan. Termasuk program pola makan sehat, olahraga, edukasi kesehatan serta pengecekan kesehatan rutin.

10. Napa

Kota yang terletak di salah satu negara bagian Amerika yaitu California ini memiliki banyak hal yang sangat mendorong kesehatan warganya. Selain menjadi daerah dengan penghasil sayuran dan buah-buahan, kota Napa juga memiliki are bersepada dan berbukit. Pemerintah setempat juga mendukung seni dan budaya. Napa juga memiliki banyak aktifitas yang menyehatkan, salah satunya adalah grup hula hop. Warga kota Napa juga tidak malu untuk bersenang-senang dan juga sering berkumpul untuk merayakan hari raya ataupun cuma sekedar bersilaturahmi

Itulah 10 kota tersehat di dunia. Kira-kira kapan ya salah satu kota dapat menjadi salah satu kota tersehat di dunia? kita doakan saja ya siapa tau kedepanya negara kita dan juga kota-kotanya bisa menjadi lebih baik lagi dalam hal kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan juga menambah wawasan kita semua, makasih.

Artikel Kesehatan - 10 Kota Tersehat di Dunia, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response