Fenomena Ketindihan Dari Kacamata Medis

Fenomena Ketindihan Dari Kacamata Medis - Sepertinya kata ketindihan sudah sangat familiar pada orang-orang Indonesia. Ya fenomena yang terjadi saat kita sedang tidur ini memang sudah seperti menjadi hal yang lazim terjadi. Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua orang pasti pernah mengalami fenomena yang satu ini. Nah sebagai masyarakat yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistis sudah pasti fenomena ini sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau gaib, mistis dan juga ada hubunganya dengan mahkluk astral.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat kita mengalami ketindihan tubuh kita akan susah untuk digerakan dan seringkali kita akan melihat bayangan-bayangan yang terlihat sangat mengerikan. Nah hal itulah yang menyebabkan banyaknya dugaan-dugaan yang akhirnya menghubungkan hal tersebut dengan hal-hal yang berbau gaib dan juga mistis. Namun fenomena ini memang tidak hanya terjadi di Indonesia karena fenomena ini juga terjadi hampir di setiap negara dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya saja di Mexico dimana fenomena ini dikenal dengan nama se me subio el muerto dimana pada kepercayaan masyarakat Mexico fenomena ini terjadi karena sebuah tindakan mahkluk gaib yang menempel pada tubuh orang. Sedangkan di Turky fenomena ketindihan sendiri dikenal dengan istilah karabasan, dimana menurut kepercayaan masyarakat Turky kerabasan ini terjadi kerena adanya mahkluk kasat mata yang menyerang dengan menindih dada kemudian mengambil nafas orang yang tidur tersebut. Nah Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal tersebut memang terjadi karena adanya fenomena gaib tersebut?

Nah ternyata dari segi medis memilki jawabanya. Ternyata dari segi medis kejadian ini sangat bisa dijelaskan dimana dalam ilmu medis fenomena ini disebut dengan istilah sleep paralysis atau tidur lumpuh. Dalam pandangan medis fenomena ini disebabkan karena terjadinya gangguan tidur pada tahapan-tahapan tidur yang umumnya diakibatkan oleh kelelahan mapaun kurang tidur. Dalam kondisi normal setiap manusia akan mengalam tahapan tidur mulai dari tahapan ringan, tidur lebih dalam dan tidur paling dalam hingga ke bagian akhir yaitu Rapid Eye Movement (REM). Jika kondisi tubuh kita terlalu lelah ataupun kekurangan tidur maka pola tidur yang normal itu akan terganggu sehinga akan mengakibatkan sistem tubuh dan  tidak akan berjalan lurus atau tidak memasuki tahapa tidur yang sama. Dalam keadaan lelah otak biasanya akan langsung memasuki tahapan paling akhir dan saat tiba-tiba terbangun maka disinilah akan terjadi fenomena sleep paralysis atau ketindihan. 


Saat fenomena ini terjadi yang kita rasakan adalah seolah-olah kita telah benar-benar tersadar namun kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita. Hal itu bisa terjadi kerena otak yang terbangun tidak sejalan dengan tubuh kita yang sudah berada pada tahapan tidur lebih dalam atau REM, Jika dimisalkan otak kita sudah berada di mobil namun tubuh kita masih berada di tempat tidur. Tak selarasnya otak dan tubuh tersebutlah yang mengakibatkan fenomena ketindihan atau sleep paralysis terjadi. Namun bagaimana dengan fenomena munculnya bayangan mengerikan yang kadang muncul saat ketindihan ini terjadi? 



Nah secara medis hal tersebut juga bisa dijelaskan dimana hal tersebut terjadi karena tidak sinerginya antar otak dan tubuh. Kenpa? karena saat terbangun sebenarnya otak masih berada dalam keadaan mimpi REM. Mungkin tanpa kita sadari sebelum mengalami ketindihan kita terlebih dahulu sudah mengalami mimpi buruk. Dari halusinasi mimpi buruk yang terlebih dahulu sudah kita alami itulah terus terbawa sehingga kemudian terus terbawa saat kita mengalami fenomena ketindihan. Nah itu dia sedkit pengetahuan yang bisa saya bagikan mengenai fenomena ketindihan yang sudah sering kita dengan dari banyak orang.  Terlepas dari apakah fenomena tersebut memang benar-benar terjadi karena gangguan mahkluk gaib maupun memang terjadi karena gejala-gejala yang bisa dijelaskan secara medis, tetap saja fenomena ini akan tetap menjadi bahan yang menarik untuk diperbincangkan. Terimakasih sudah mampir semoga bisa memberikan sedikit ilmu dan wawasan kepada anda semua. 

72 Responses to "Fenomena Ketindihan Dari Kacamata Medis"

  1. Balasan
    1. ia silahkan :), makasih ya udah berkunjung

      Hapus
  2. terima kasih penjelasannya salam rekan medis
    www.labsaya.com

    BalasHapus
  3. Ap yg drsakan sm sprt yg djlaskan diats.stlah bnr2 sadr jd nya ngosngosan...krn sblm nya sprt di tindh diatas dda..shgg sulit u bnfas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener sekali,,, kadang juga rasanya itu seperti sudah bangun tapi ternyata masih ketindihan

      Hapus
  4. saya juga sering kayak itu kalo misalnya terbangun tiba2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bro biasanya kalau bangun tiba-tiba langsung gitu

      Hapus
  5. Sering aq kyak gtu.
    Tadi malam aja kek gitu lagi...
    Persepsi saya, bacain ayat2 allah aja,.bisa bangun lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu gan ane pernah pas ketindihan itu baca ayat-ayat macam ayat kursi, kadang sih berhasil kadang sih tidak. Jadi mungkin meurut ane sih ketindihan itu kadang memang seperti yang dikatakan secara medis tapi kadang memang gangguan dari mahluk halus sepertinya.

      Hapus
  6. Ane gk pernah ngalamin gan.. Caranya supaya ngalamin kayak gitu gimana gan??... Asik kelihatane :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah gan kalau mau ta rasanya coba aja ente tidur trus suruh teman ente tindih pake bantal gede sampe ente susah nafas gan mungkin rasanya agak mirip heheheh

      Hapus
  7. Jadi apa yang harus kita lakuis saat itu menimpa kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini jawaban dari salah satu pembaca nih gan mungkin bisa berguna namanya sam peace bringer "kalo saya mah bukan mengalami tapi udah mengontrol. kalo mau Masuk ke dalam sleep pralyze kalian bisa tidur lurus dengan nggak miring. terus lemaskan badan fokus ke nafas anda jangan mikir apa-apa kalo ada rasa gatel atau ngerasa kayak ke setrum dibiarin aja itu ucma tubuh mu yang mengetes pikiran kamu apakah udah tidur apa belum ntar kalo dah lewat tahap gangguan dari tubuh nanti kalian akan emrasa berat dari kaki terus ke badan dan akhirnya kepala nafas akan terasa berat. di tahap ini yang bsa kalian gerakan adalah bola mata, mengedipkan mata, jari tanan dan kaki. jika mau lanjut ke lucid dream bisa kalian pelajari langsung di google atau di komunitas lucid dream di facebook. jika mau keuar dari sleep paralyze kalian bisa melihat ke atas atau menggerakan jari-jari kalian seperti memutarkan jari. nanti badan akan terasa pegel" jika udah bisa gerak. ya nggak terlalu pegel sih" tapi ada juga yang bilang dengan menggerakan jempol kaki nanti bisa terbebas dari ketindihan

      Hapus
  8. Balasan
    1. terimakasih bro, thanks juga udah mampir

      Hapus
  9. Dlm bhsa sunda nama'y : dieureup eureup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bahasa jawanya kayaknya ketindisan jugah deh hehehe

      Hapus
  10. Saya sering mengalaminya . Sulit bernafas, tidak bisa bergerak dan tidak bisa bicara. Saya membayangkannya bukan hal yang mengerikan tapi lebih mengerikan . Yaitu sedang dalam sakaratul maut . Hehe tapi saya sangat berusaha mencoba menggerakkan anggota tubuh saya . Seperti tangan , kaki dan lainnya supaya kita tersadar . Dan supaya tidak terjadi lagi saya tidur posiai miring . Dan Alhamdulillah hal itu tidak terjadi lagi . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anu jug apernah coba tapi kadang berhasil tapi kadang juga tidak berhasil, tapi biasanya yang saya lakukan kalau habis ketindihan itu saya nyalakan lampu kamar lalu minum segelas air putih dan alhamdulillah itu juga tidak terjadi lagi

      Hapus
  11. Buat yg sering mengalami hal seperti di atas ada 1 tips nih,,,
    gampang banget jika kita mengalami hal di atas otomatis pikiran atw otak kita sadar, coba balikkan tubuh ke arah kanan dijamin kalian akan langsung terbangun,,,

    insya allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dapet tambahan info nih, thanks yo

      Hapus
  12. Aku sering bgt tuch ky gitu..
    Thx yach buat info'a

    BalasHapus
  13. Sorry mas agung boleh tanya apa akibat trburuk yg akn trjadi jika kita trlalu sering mengalami fenomena trsebut. Krn saya slh satu yg sering mengalaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalow sering mangalaminya otomatis akan bermasalah pada kualitas tidur kita, dimana kita akan jadi lebih susah tidur dan menimbulkan perasaan takut untuk tidur tapi dari beberapa sumber juga mengatakan bisa mengakibatkan depresi. Tapi kalau mau dbilang saya juga sering mengalami gejala ini dan jadinya seperti sudah terbiasa. Tapi kalau saran saya coba aja sebelum tidur ambil air wudhu dulu sebelum tidur insyallah tidurnya bisa lebih baik

      Hapus
  14. Di tmpat gw namanya "rep-repan" yg penting dlm keadaan stengah sadar gt bs atur nafas dan jgn panik. Yg gw alamin biasanya berulang, ketika kita berhasil bangun tp krn tubuh ngantuk kita terjebak lg, klo gw sih langsung tengkurep atau peluk guling trus bikin mimpi krn disaat itu kita jg mudah membuat mimpi klo gw sih buat mimpi basah aja deh biar pules hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahaha ane setuju gan kalau mimpi basah pati tidurnya bakalan mules dan ga bakalan ketindihan hehehe

      Hapus
  15. Gimana mau gerakkan badan ke kanan, toh kalo keti dihan kan susah bergerak? Kalo saya pernah alami, waktu itu mau teriak bangunin orang disebelah saya tapi suara gak bisa keluar, itu gimana kasusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener emang, kalau dari pengelaman saya sih yang paling mujarab bisa membangunkan kita pada saat ketindihan itu adalah sentuhan dari orang yang mungkin ada disekitar kita. Tapi masalahnya kan kita tidak bisa memberitahu orang yang di dekat kita untuk untuk menyentuh kita agar kita bisa terbangun, nah ini dia yang sulit, saya selalu memaksa mengeluarkan suara saat ketindihan walaupun itu susah sekali tapi yang pasti saya selalu bisa mengeluarkan suara walaupun suara yang saya keluarkan tidak jelas yang penting bisa menarik perhatian orang yang ada di sekitar saya untuk datang menyentuh dan membangunkan saya.

      Hapus
  16. Penjelasannya masih kurang komplit,. Tanpa ada penjelasan yg lebih, dalam pemaparan hal2 pra dan pasca ketindihan itu terjadi,. Karena saya beberapa kali mengalaminya, dan aneh nya setelah saya bisa terbangun dari ketindihan tsb, dan saya hendak tidur kembali masih dlm setengah sadar ketindihan itu terjadi lagi dgn dimulai dgn suara sprt angin gemuruh ditelinga saya.. Dan akhirnya saat ketindihan itu terjadi lg yg saya lakukan hanya diam didalam rasa sadar (saat ketindihan) dan akhirnya suara gemuruh dan rasa berat yg menimpah itu pergi begitu saja, Subhanallah,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya cuman secara intinya kan hal itu bisa di jelaskan secara medis. Saya juga sering kok mengalami ketindihan seperti yang bro ceritakan di atas, namun dari pengalaman ketindihan yang sering saya alami ada satu pengalaman yang sepertinya agak susah dijelaskan dimana pas waktu sedang ketindihan tiba" adzan berkumandang dan dengan tiba" juga saya bisa terbangung. Nah disitu saya jadi mengingat kata uztad saya katanya kalau saat adzan semua syetan itu akan mencari perlindungan dan biasanya itu di kamar mandi karena idst tempat yang tidak suci. Nah kalau dipikir berarti yang mengakibatkan saya ketindihan itu syetan yang mana saat terdengar adzan dya langsung lari dan akhirnya saya langsung bisa bangung. Tapi syapa yang tau karena semua itu g bisa kita buktikan jadi ya cuma bisa bilang Wawlahualam sih

      Hapus
  17. saya blm pernah merasakan nih hahaha
    btw, artikel tentang tindihan juga pernah saya bahas di blog saya gan, silahkan mampir jika berkenan hehe:
    http://ayokepo.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Permisi . . .

    Saya hendak bertanya,darimana anda dapat menyatakan kalau tidur itu ada tingkatannya?
    apakah ada alat atau analsa untuk mengukur kedalaman suatu tidur?

    mohon di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah banyak sekali artikel sumber yang bisa menjelaskan tentang tingkatan tidur ini salah satunya mungkin bisa dibaca disini https://www.facebook.com/permalink.php?id=465426556852628&story_fbid=466850133376937

      Hapus
  20. Sampe paragraf 3 konsentrasi membaca ane sangat terganggu oleh kesalahan2 penulisan, jadi males ngelanjutin bacanya.

    Sebaiknya dibaca ulang sebelum diposting bro...huruf per-huruf, kata per-kata, kalimat per-kalimat...kacau nih tulisannya

    BalasHapus
  21. Aq jug sering gtu..bru tidur bntar tpi lngsung g bisa gerak..tyus bisa bngun lgi...eh tidur bntr g bisa gerak lgi.. berulang2 mpe 4 x lbih..bca ayat kursi kadang bisa kdang juga g....akhirny aq puny solusi..aq play mp3 d hp dgn lirih g pke headset, jdiny xlo aq merasa d tindih n g bisa gerak..mpe berulng2,aq lngsung play mp3..mpe tertidur pulas....gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa menjadi salah satu solusi yang bisa dicoba nih, thanks yo

      Hapus
  22. saya sering banget ngalamin tindihen sari sd sampai lulus smk sekarang dan saya antara percaya dan tidak percaya akan hal itu. Tapi makasih banyak buat infornya mas, semoga bisa menjadi pikiran positif untuk saya dan yang lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ia mbak, makasih juga sudah mampir di blog saya

      Hapus
  23. Sering nih saya, tp disengaja hehe, buat pintu masuk ke dunia lucid dream.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren nih kalau bisa ngelakuin karena disengaja,, btw makasih udah mampir :)

      Hapus
    2. Sama ya kita budi...
      Dulu aku msh sd bisa kulakuin sleep paralysis dengan sengaja,, tapi skrg uda ga bisa lagi..
      Seingat aku, kulakuin dengan cara mata tidak berkedip saat keadaan gelap dan dalam kondisi mengantuk....
      Caramu gmn? Haha...

      Hapus
  24. aku sering ngalamin itu. apalagi klo badan lagi capek sekali
    gk bia gerak bahkan buka mata dan ngomong pun gk bisa
    tapi aku bacain ayat2 alqur'an langsung kelepas jeratannya.
    mamaku jg pernah tidur terus tiba2 teriak minta tolong ternyata ditindih sm jin item
    padahal pake kelambu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lumayan ekstrim juga itu mbak, tapi makasih sudah sharing pengalamanya. Thanks

      Hapus
  25. baru beberapa hari yang lalu mengalaminya, tetapi di sana disebutkan bila fenomena ini terjadi saat tubuh kelelahan, kan? padahal waktu itu saya tidur bukan karena kelelahan, sebelumnya sudah sempat berwudhu, berdoa, dan tidur secara wajar, tetapi sesaat setelah tidur (belum tidur dalam waktu lama) sudah mengalami fenomena tersebut, ketika sudah sadar dan melihat jam, ternyata saya tidur masih sekitar 15-20 menitan.
    nah, gimana ini penjelasannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari pengalaman saya, saya juga pernah mengalami ketindihan dimana waktu itu kondisi tubuh saya tidak lelah. Nah makanya seperti yang saya katakan di atas fenomena in memang sangat menarik untuk diperbincangkan dan walaupun ada beberapa hal yang bisa dijelaskan secara medis namun ada juga gejala-gejala sleep paralys atau ketindihan ini yang menurut saya memang masih sudah dijelaskan

      Hapus
  26. Saya sering beitu kalo tidur habis subuh atau pagi hari dan tidur menjelang magrib, memang ternyata tidur di jam-jam tersebut tidak baik bagi kesehatan, dan jangan lupa sebelum tidur baca Doa dan 3 surat pendek yaitu AnNas, AlFalaq dan AlIkhlas, mudah-mudahan tidurnya bisa istirahat sempurna, Amin

    Salam hangat dari alizaka.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mas makasih infonya semoga bisa dibaca teman-teman yang lain biar bisa menambah wawasan. Makasih sudah berkunjung mas

      Hapus
  27. Terakhir x saya kena sleep paralysis,, secara sadar badan saya bergeser sndri kira" 2 cm lahh..
    Ada yang bisa menjelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau secara medis sleep paralysis tidak akan membuat tubuh bergeser, wah kalau begitu susah dijelaskan saya rasa

      Hapus
  28. saya sering mengalami hal tersebut. saking seringnya jadi punya trik sendiri buat terbangun. sekedang berbagi, kalo sobat mengalami hal tersebut.jangan memaksa untuk bangu. semakin panik dan memaksa bangun semakin sulit tubuh untuk terjaga. lebih baik biarkan pikiran dan tubuh relax sejenak dan hentak tiba-tiba. insyaAllah terbangun. memang setelah itu badan agak limbung, tapi jangan khawatir, tidur kembali dengan posisi tidur yang berbeda dan jangan lupa baca doa tidur. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, thanks buat Bung Agung Dwi Saputro untuk infonya. Akhirnya apa yang saya ingin tahu penjelasan medis tentang hal tersebut terjawab sudah.

      Hapus
  29. kalo di jawa namanya di rep-rep
    kata orang tua sih akibat ada nasi yg nempel ditubuh kita,

    saya pernah ngalami kaya gitu,
    mau apa-apa ga bisa, ngomong berasa berat banget, bangun ga bisa.
    ga tau kaya dikejar-kejar apa yah,
    pas bangun capee bangeet sampe ngos-ngos kaya orang abis balapan

    pengalaman saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mash udah sharing pengalamanya.....

      Hapus
  30. sebagai orang yg prnah mengalami fenomena tindihan ini, saya minyimpulkan kalau fenomena ini benar terjadi, tidak dalam keadaan mimpi, karena saya bisa mendengarkan percakapan orang2 disamping saya saat saya tindihan dan juga saya hanya bisa menggerakan jari-jari kaki saya saja yg lain gak bisa bergerak. Tapi saya belum mengetahui ini fenomena gaib atau medis yang penting saya pernah merasakannya.

    Kata orang tua, kalau tidurnya tepat dibawah pasak rumah kita, tp itu benar nyata, tapi kadang juga tidak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas sudah nambah info dengan membagi pengalamanya....

      Hapus
  31. Trimakasih Gan, artikel +komentar2nya, nambah pengetahuan nie

    BalasHapus
  32. Yg jadi pertanyaan besar mengapa ketindihan bisa menyebabkan kematian

    BalasHapus
  33. Keren tuh infonya mas e & mbakee. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual SoftLens warna online x2, geo lens, omega dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim. ayo cekidott...

    BalasHapus
  34. Baru tau.. gw krain di ganggu setan.. soalnya dulu sering mengalami hal seperti di atas ntah knp tiba" skrg udh nggak pernah lagi...

    BalasHapus
  35. kalo aku sering banget ngalamin itu tapi yg bikin aneh aku tau kalo aku mau ketindihan atau reprepan. bahkan pernah pas lagi mainin hp tiba tiba tertidur dan reprepan. posisi aku di sebelah temen q yanglagi main gam setelah aku bacain ayat2 alquran aku terbangun dan bertanya pada temenku berapa menit aku terbaring di sini katanya sekitar 5 sampai 7 menit. tapi waktu itu terasa sangat lama.

    BalasHapus