Ciri-Ciri Buah Mangga dan Kandunganya

Ciri-Ciri Buah Mangga dan Kandunganya - Salah satu lagi nih buah dari daerah tropis yang tentunya sangat Indonesia banget. Buah ini juga sangat populer di Indonesia karena rasa buah ini yang manis sehingga ini menjadi salah satu buah primadona di Indonesia.
Ciri-Ciri Buah Mangga dan Kandunganya
Ciri-Ciri Buah Mangga dan Kandunganya

Tanaman mangga sendiri termasuk ke dalam marga Mangifera yang diduga berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah asia tenggara termasuk ke wilayah Indonesia dan Malasya. adapun mangga yang tumbuh di Indonesia termasuk ke dalam jenis Mangifera indica L, seperti mangga golek, manalagi, arum manis, gedong dan jenis Mangifera foetita yaitu kweni dan kemang.

Pohon mangga sendiri tergolong ke dalam tumbuhan tingkat tinggi dan tergolong ke dalam kelompol arboreus, hal ini karena phon mangga sendiri memiliki struktur batang yang memiliki ketinggian lebih dari 5 meter. Tinggi dari pohon mangga sendiri dapat mencapai 10 hingga 40 meter. Nama mangga sendiri beraslah dari Malayam mangga, lalu di Indonesia di padankan menjadi mangga.

Baca Juga :
5 Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan Anda
Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Pohon mangga sendiri memiliki beberapa ciri-ciri fisik yang antara lain adalah :

  • Memiliki ukuran batang yang besar dan dapat tumbuh hungga mencapai 40 meter atau lebih dan memiliki batang tegak dan bercabang.
  • Daun tunggal dan mampu tumbuh lebat yang tersebar di setiap barang. Panjang setiap tangkau daun berbeda antara 1,25 - 12,5 cm. Bagian pangkal daun membesar dan sisi sebelah atas memiliki alur daun.
  • Kulit pada batang pohon cukup tebal dan memiliki tekstur yang kasar. Banyak terdapat celah-celah kecil dan sisik yang merupakan bekas tangkai daun. Kulit batang yang sudah tua umumnya berwarna coklat keabuan, kelabu tua, sampai warna hitam.
  • Akar tanaman mangga memiliki cabang-cabang yang panjangnya bisa mencapai 6 meter. Pada kedalaman antara 30-60 cm cabang akar tumbuh banyak. Lebih ke dalam akar semakin sedikit.
  • Bunga buah mangga tergolong ke dalam bunga yang majemuk, umumnya berwana kuning kehijauan, tumbuh memanjang hingga 40 cm. Berkelaminan campuran
  • Buah mangga pada usia muda memiliki warna hijau muda, dan akan berubah warna kuning kehijauan pada usia siap panen. Bentuk buah mangga sendiri beraneka ragam, ada yang bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang. Sedangkan ukuran panjang buah sendiri antara 2,5 - 30 cm.

Buah se sendiri juga mengandung sejumlah unsur gizi seperti protein, vitamin, mineral dan lain sebagainya yang mana dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh, Tentu saja manfaat tersebut akan kita dapatkan apabila buah mangga ini dikonsumsi

secara teratur baik dalam keadaan mentah ataupun matang. tabel dibawah menunjukkan nilai kandungan setiap unsur gizi dalam buah mangga baik mentah maupun matang

Kandungan zat
Nilai rata-rata buah mangga
Mentah
Matang
Air (%)
90.00
86.00
Protein (%)
0.70
0.60
Gula total(%)
8.80
11.80
Lemak (%)
0.10
0.10
Serat
-
1.10
Mineral
0.40
0.30
   Kapur (%)
0.03
0.01
   Fosfor (%)
0.02
0.02
   Besi ( mg/gram)
4.50
0.30
Vitamin A (mg/100g)
150 U.I
4800 U.I
Vitamin B1 (mg/100 g)
-
0.04
Vitamin B2 ( mg/100g)
0.03
0.05
Vitamin C (mg/100 g)
3.00
13.00
Asam nicotinat ( mg/100 g)
-
0.30
Nilai Kalori per 100 g
39
50-60
Sumber: Laroussilhe, LE MANGUER, 1960

Itu dia beberapa ciri-ciri dari buah mangga dan kandunganya, semoga dapat memberikan info yang bermanfaat.