6 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

By - On 29 March 2016 - Categories : Kesehatan

Tidak merokok atau tidak menjadi perokok pasif merupakan salah satu kiat untuk menjalani hidup sehat. Sehingga orang yang tidak merokok akan merasa telah menjalankan hidup yang lebih sehat dibandingkan mereka yang perokok. Namun bagi anda yang tidak merokok sebaiknya anda jangan senang dulu, karena ternyata ada enam kebiasaan sehari-hari yang ternyata memiliki bahaya sama dengan merokok. Bahkan dampak dari beberapa beberapa kebiasaan tersebut dikatakan bisa lebih berbahya dari merokok menurut salah seorang peneliti yang melakukan penelitian mengenai kebiasaan yang memiliki dampak berbahaya. Disebutkan juga selain merokok, terlalu banyak protein hewani juga dapat membahayakan kesehatan. Lalu apa saja kebiasaan yang ternyata berbahaya tersebut?

6 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

6 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

Terlalu banyak duduk

Terlalu banyak duduk atau duduk sepanjang hari sangat berkaitan dengan ratusan penyakit, baik secara langsung maupun tidak langsung seperti sakit paru-paru, prostat, kanker payudara hingga usus besar. Dari data Alberta Health Services-Cancer Care yang berpusat di Kanda, dua pertiga dari kasus kanker disebabkan oleh rokok dan sisanya adalah kurang aktif bergerak. Untuk itu sangat direkomendasikan bagi para pegawai kantor untuk aktif bergerak seperti berhajalan kaki dan lebih menggunakan tangga dari pada lift.

Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani

Protein hewani mengandung zat yang bernama IGF-1 yang sangat bertanggung jawab terhadap perkembangan sel yang tidak normal. Dari penelitian yang dilakukan di Universitas Southern California menyebutkan bahwa mengkonsumsi protein hewani lebih beresiko mengalami kanker dibandingkan merokok. Untuk itu mulai sekarang kurangilah konsumsi protein hewani dan gantilah dengan protein yang berasal dari tumbuhan atau nabati. Karena selain lebih aman, juga lebih sehat dan dapat menguatkan daya tahan tubuh terhadap kanker.

Kurang tidur

Orang yang memiliki masalah dengan gangguan tidur seperti sleep apnea dan juga insomnia akan menimbulkan keberagaman penyakit hingga kematian mendadak. Menurut para peneliti tidur kurang dari 5 jam setiap hari memiliki resiko yang sama dengan merokok.

Tanning indoor

Tanning indoor merupakan metode penggelapan warna kulit yang dilakukan di dalam ruangan tertutup. Walaupun hasil dari tanning indoor ini memang sangat baik dan cepat, namun efek dari melakukan penggelapan warna kulit ini ternyata tidak baik. Karena teknik ini akan merangsang pertumbuhan sel-sel kanker manjadi tidak normal yang akan menyerang sel kulit. Para ahli juga sepakat jika metode ini sebaiknya dihindari.

Salah memilih minyak saat menggoreng

Ada beberapa jenis minyak yang sering digunakan saat sedang menggoreng masakan. Setiap minyak memiliki reaksi yang berbeda saat dipanaskan. Misanya saja minyak keladi dan juga minyak sayur yang akan mengeluarkan zat aldehid dan juga hidrokarbok aromatik poliskilinik jika mencapai titik tertentu. Kedua zat ini juga terdapat pada asap rokok yang sangat berbahaya bagi sistem pernapasan manusia. Untuk itu lebih disarankan untuk menggunakan minyak zaitun atau minyak alpokat yang lebih aman pada suhu tinggi.

Memasak makanan menggunakan kompor gas

Ternyata kompor gas juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu timbulnya penyakit kenker. Saat kompor gas dinyalakan dia akan mengeleruakan emisi berupa karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehid yang sangat beracun. Zat-zat tersebut juga terdapat pada asap rokok. Dan untuk mencegah zat tersebut terhirup maka sangat disarankan untuk membuka ventilasi baik pintu atau jendela agar zat tersebut tidak terhirup dan langsung terbuang keluar.

Artikel Kesehatan - 6 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response