8 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung
Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

8 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

Posted on

Berbagai macam penyakit banyak sekali ditimbulkan oleh kebiasaan yang tidak sehat yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak terkecuali penyakit jantung, banyak juga kebiasaan yang dilakukan yang ternyata dapat menimbulkan atau memicu terjadinya penyakit jantung. Untuk itulah agar anda lebih waspada maka berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat mengkibatkan munculnya penyakit jantung.

8 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

Suka menonton tv

Duduk di depan tv lebih dari empat jam sehari dapat menimbulkan resiko terkena penyakit jantung arteri sebesar 80 persen. Termasuk juga akan mengakibatkan gula darah dan juga kolesterol yang tidak terkontrol akibat ngemil saat nonton tv.

Terlalu sering stres dan juga depresi

Dua jenis emosi yang tidak labil ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung. Tekanan darah juga akan naik dan jantung akan memompa darah dengan lebih cepat dari biasanya.

Mendengkur

Suara mendengkur bukan berarti seseorang sedang tidur nyenyak. Akan tetpapi mendengkur dapat juga dikaitkan dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) yang ditandai dengan adanya gangguan pada pernapasan saat tidur. Penderitanya juga akan mengalami resiko empat kali lebih tinggi untuk terkena masalah kardiovaskuler.

Terlalu sering mengkonsumsi alkohol

Alkohol tidak hanya buruk bagi liver, akan tetapi juga kelebihan kadar alkohol di dalam tubuh akan meningkatkan tekanan darah, meninggikan kolesterol dan juga memudahkan terjadinya gagal jantung.

Memutuskan hidup sendiri

Ada beberapa orang yang lebih suka untuk hidup sendiri atau tidak bersosialisasi dengan orang lain. Orang-orang yang seperti ini akan lebih mudah terkena depresi dan mengkibatkan sakit jantung.

Merokok atau menjadi perokok pasif

Orang yang merokok atau menjadi perokok pasif sama-sama memliki peluang untuk mengalami masalah serangan jantung. Merokok akan memicu pembekuan darah yang dapat memblokir aliran darah ke jantung. Selain itu juga asap rokok akan memberikan kontribusi terbentuknya plak dalam arteri.

Jarang makan buah dan sayur

Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang makan lima porsi buah dan juga sayuran dalam sehari memiliki resiko 20% lebih rendah untuk mengalami sakit jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Suka makan makanan yang asin

Garam merupakan penyebab meningkatnya tekanan darah. Hal ini merupakan sebuah modal untuk terjadinya stroke, gagal ginjal dan juga serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *