Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama
Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama

By - On 14 September 2014 - Categories : Kesehatan, Serba Serbi

Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama – Perkembangan teknologi sekarang ini membawa kita pada suatu kebiasaan dalam mendengarkan musik. Saat ini kita terbiasa untuk mendengarkan lagu menggunakan headset, karena dengan menggunakan headset kita bisa mendengarkan lagu dengan volume yang keras tampa harus khawatir akan mengganggu orang lain. Disamping itu perangkat pemutar musik seperti ipod maupun mp3 player memang mengharuskan kita mendengarkan musik menggunakan headset karena menurut saya sendiri mendengarkan musik menggunakan headset memang lebih menyenangkan apalagi kita sedang berada di luar ruangan. Akan tetapi penggunaan headset ternyata memiliki dampak buruk bagi telinga atau pendengaran kita dan juga bagi otak kita.

Kira-kira apa saja dampak buruk atau bahaya penggunaan headset yang terlalu lama? ini dia jawabanya.

Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama

  1. Kerusakan Permanen Pada Telinga. Ternyata salah satu dampak dari penggunaan headset yang berlebihan adalah kerusakan permanen pada telingan. Hal ini dapat terjadi apabila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari headset yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya hal ini dapat terjadi pada mereka yang masih muda atau remaja.
  2. Ambang Pendengaran. Mendengar musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, apalagi dilakukan dengan volume yang keras dan jangka waktu yang lama. Secara perlahan efek ini dapat membuat atau mengerahkan pada gangguan pendengaran secara permanen.
  3. Kehilangan Pendengaran. Menurut penelitian, efek samping dari penggunaan hedset atau earphone yang berlebih memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset yang berlebihan ini baru akan muncul dan terasa pada saat usia 20-an. Pada usia tersebut pendengaran akan mulai menurun dan bahkan menghilang.
  4. Kerusakan Otak. Kerusakan otak juga bisa terjadi apa bila terlalu seringnya mendengarkan lagu menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama. Gelombang elektromagnetik akibat headset atau earphone ini diduga dapat berpengaruh terhadap gelombang listrik otak. Hal ini telah dilakukan uji coba menggunakan tikus diaman gelombang elektromagnetik yang dihasilkan mampu berpengaru pada gelombang listrik yang terdapat pada otak tikus. Walaupun hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik ini pada otak manusia, tetap saja kita harus tetap waspada.

Karena itu saat menggunakan headset maupun eraphone ada baiknya kita menggunakan sesuai kebutuhan saja dan jangan terlalu berlebihan. Mengenai tingkat suara, suara dengan tingkatan yang tergolong ringan berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat yang menggunakan headset atau eraphone untuk tidak melebihi jumlah di atas 100 desibel. Nah jadi jangan lupa untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan headphone.

 

Artikel Kesehatan, Serba Serbi - Bahaya Penggunaan Headset yang Terlalu Lama, is Posted Under Tags: , , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response