Bahaya Tidur di Depan TV yang Menyala

By - On 27 September 2014 - Categories : Kesehatan

Bahaya Tidur di Depan TV yang Menyala – Menonton TV sambil tiduran memang menyenangkan apalagi biasanya kita menonton TV sebelum tidur karena memang sudah menjadi kebiasaan dimana kita berharap dengan menonto TV kita bisa menjadi ngantuk dan akhirnya tertidur. Padahal kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Yup meninggalkan TV kita menyala sedangkan kita sendiri sudah tertidur di depanya memang tidak baik.

Tahukah anda, bahwa otak kita tidak pernah tidur. Meskipun kita sedang tidur sekalipun ternyata otak selalu menjalankan aktifitasnya meski tidak sesibuk saat kita sedang tidak tidur. Nah yang terjadi ketika kita tidur di depan TV yang menyala adalah kita akan menerima gelombang suara maupun cahaya yang dikeluarkan oleh TV tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otak kita kembali terangsang dan bekerja mengolah informasi (gelombang suara dan cahaya) yang masuk tersebut. Dan jika hal ini terus kita lakukan terus – menerus maka dapat dipastikan otak kita akan terus-menerus mengolah informasi yang masuk dan tidak akan pernah beristirahat. Jadi dapat dikatakan percuma kita istirahat karena mungkin cuma badan kita yang beristirahat sedangkan otak kita terus bekerja.

Selain itu menurut banyak penelitian TV maupun monitor komputer dapat menghasilkan radiasi, baik yang meng-ionisasi maupun yang tidak. Radiasi ini secara potensial dapat menurunkan kesehatan manusia. Dan ternyata monitor atau yang dalam istilah teknik disebut video display terminal (VDT) ternyata berkaitan dengan beberapa masalah pada manusia, seperti keguguran, kelainan janin, mual, muntah, sakit kepala, rasa tegang pada leher dan bahu, masalah kulit dan gangguan pada mata (otot mata tegang dan penglihatan menjadi kabur).

Sebenarnya efek lain dari bahaya tidur dengan kondisis TV menyala hampir sama dengan tidur dengan lampu menyala. Hasil penelitian terbaru di Ohio University menunjukkan bahwa cahaya terang pada saat tidur bisa memicu gangguan mental khususnya depresi. Hal ini dapat terjadi karena cahaya terang saat kita tidur akan mengganggu salah satu komponen jam biologis yang bekerja berdasarkan perbedaan gelap dan terang. Cahaya terang saat tidur juga dapat mempengaruhi otak, yang khususnya pada bagian hipokampus yang mana fungsinya mengatur emosi. Selain itu juga otak akan memproduksi lebih banyak senyawa Tumor Nercosis Factor (TNF) penyebab radang yang juga berkaitan dengan resiko depresi.

Itu dia beberapa bahaya tidur di depan TV yang menyala. Ternyata hal-hal kecil seperti itu memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan kita. Untuk itu mulai sekarang kurangilah untuk tudur di depan TV yang sedang menyala. Kalaupun kita masih sering melakukan kebiasaan ini kita bisa memberikan timer pada TV kita sehingga dia bisa mati secara otomatis dan tentunya tidak membahayakan kesehatan kita. Mungkin itu saja artikel dari saya, semoga bisa menambah sedikita wawasan kita.

Artikel Kesehatan - Bahaya Tidur di Depan TV yang Menyala, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response