Beberapa Mitos Tentang Penyebab Jerawat

By - On 23 October 2014 - Categories : Kesehatan

Beberapa Mitos Tentang Penyebab Jerawat – Siapa sih yang tidak pernah merasakan jerawat menempel pada wajahnya. Ya jerawat memang merupakan salah satu momok bagi para wanita karena selain mengganggu karena terkadang jerawat menimbulkan rasa sakit, jerawat juga bisa mengganggu karena dapat menggangu penampilan. Jerawat sendiri memiliki banyak mitos-mitos yang banyak berkembang seperti banyak makan kacang dapat menimbulkan banyak jerawat dan lain sebagainya. Nah kira-kira apa saja ya beberapa mitos tentang penyebab jerawat? ini dia.

Beberapa Mitos Tentang Penyebab Jerawat
Beberapa Mitos Tentang Penyebab Jerawat

1. Makan Coklat Dapat dapat Menimbulkan Jerawat

Pasti anda pernah mendengar tentang mitos yang satu ini, banyak yang bilang kalau keseringan makan coklat bisa membuat kita jerawatan. Ternyata mitos ini salah besar, karena coklat tidak memiiki pengaruh pada timbulnya jerawat. Bahkan para ahli di Amerika tidak pernah menyebutkan kalau coklat memiliki pengaruh terhadap jerawat. Jadi mitos tersebut salah.

2. Karbohidrat Membuat Jerawat Tambah Banyak

Mitos yang satu ini juga pasti sering kita dengar, katanya karbohidrat dapat membuat timbulnya jerawat. Nah ternyata mitos yang satu ini memang benar, faktanya beberapa studi mengatakan bahwa karbohidrat dapat meningkatkan insulin dalam darah. Peningkatan insulin ini bisa mengganggu fungsi jormon kita sehingga dapat membuat jerawat menjadi bertambah dan menjadi lebih banyak tentunya. Jadi sebaiknya kita mengurangi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi.

3. Memencet jerawat

Kalau jerawat sedang melanda seringkali kita tergoda untuk memencet jerawat tersebut dengan harapan jerawat bisa cepat hilang. Padahal Cara tersebut salah besar, karena dengan memencet jerawat hanya akan menyebabkan terjadinya iritasi dan malah sebaliknya, jerawat kita bukanya sembuh akan tetapi malah bertambah banyak.

4. Kacang Menimbulkan Jerawat

Mitos yang satu ini sepertinya mitos yang paling sering kita dengar. Kan tetapi, tahukan anda bahwa ternya mitos ini tidak benar adanya. Justru beberapa kacang seperti kacang almond dan kacang mete mengandung asam oksalat baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat. Kacang kedelai juga kaya akan asam lemak dan omega 3 yang baik untuk kecantikan kulit. Omega 3 sendiri yang terkandung di dalam kecang kedelai telah terbukti dapat melawan inflamasi di tubuh dan mencegah kulit kering serta menjadikan kulit menjadi tampak lebih muda. Jadi terbuktikan kalau ternyata kacang tidak menimbulkan jerawat bahkan ternyata kacang sangat baik bagi kulit kita.

5. Sering Membersihkan Wajah

Bagi para wanita sudah pasti nih sering membersihkan wajah dengan harapan bisa terbebas dari jerawat. Memang kita harus membersihkan wajah secara rutin, akan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering, karena dengan terlalu sering membersihkan wajah ternyata malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit kita. Selain itu juga, saat anda mencuci wajah gunakanlah air hangat dan sabun pencuci wajah yang komposisinya ringan dan cocok untuk jenis kulit kita.

6. Jerawat Menular

Mitos ini juga banyak berkembang. Banyak yang mengatakan kalau jerawat itu dapat menular pada kita jika secara tidak langsung kita tersentuh dengan area berjerawat orang lain. Ternyata mitos ini sangat tidak benar karena penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang berlebih di wajah dan adanya kuman. Kuman yang terdapat pada jerawat tersebut itu tidak beradapa pada permukaan kulit akan tetapi berada di dalam kulit. Jadi jangan khawatir ya jika anda memiliki teman yang memiliki banyak jerawat karena itu tidak akan menular pada anda hehehe.

Nah itulah beberapa mitos tentang penyebab jerawat yang bisa saya bagikan. Semoga apa yang saya bagikan bisa memberikan info dan juga dapat menambah wawasan kita semua. Jadi mulai sekarang janga takut untuk makan kacang ya hehehe.

Artikel Kesehatan - Beberapa Mitos Tentang Penyebab Jerawat, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response