Cegah Diabetes dan Obesitas Dengan Sinar Matahari

By - On 14 May 2016 - Categories : Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh sinar matahari bagi kehidupan dan salah satunya adalah bagi kesehatan. Maka tidak heran jika kita sering sekali kita menemukan orang barat yang memiliki kebiasaan berjemur apalagi saat di musim panas. Alasanya tentunya banyak selain menghangatkan badan, sinar matahari juga dapat memberikan asupan bagi tulang dan kulit.

Namun pastinya berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia. Dimana tidak ada orang berjemur dan justru lebih menghindari sinar matahari karena takut dapat membuat kulit manjadi hitam dan juga dapat menjadi pemicu dari munculnya kanker kulit.

Kedua anggapan tersebut memanglah benar, karena sinar matahari di bawah jam 9 pagi memang memiliki manfaat namun jika sudah lebih dari jam 9 pagi maka sinar matahari sudah terlalu terik dan mengandung sinar UV yang berefek buruk bagi kulit.

Lalu apa saja menfaat berjemur di pagi hari sebelum jam 9 pagi? Berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi dapat membantu untuk membakar lemak dan juga kalori yang menumpuk di tubuh, sehingga sangat baik bagi penderita obesitas yang bisa berjemur untuk menurunkan berat badan.

Hal ini sudah dibuktikan dengan dilakukannya sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas of Southampton dan Edinburgh yang menunjukkan bahwa tikus percobaan yang selalu dijemur menunjukkan terjadinya penurunan berat badan .Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sinar ultraviolet atau UV dapat menekan pertumbuhan lemak tubuh. Tidak hanya itu saja, sinar matahari pagi juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah sehingga dapat membuat insulin bekerja dengan baik. Jadi ada dua penyakit yang dapat dicegah dengan rajin berjemur yaitu dapat mengatasi obesitas dan juga diabetes.

Artikel Kesehatan - Cegah Diabetes dan Obesitas Dengan Sinar Matahari, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response