Dampak Negatif Terlalu Lama Menonton TV

By - On 23 September 2014 - Categories : Kesehatan

Dampak Negatif Terlalu Lama Menonton TV – Televisi atau yang biasa kita sebut dengan tv merupakan sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang hitam-putih maupun berwarna. Sekarang ini hampir setiap rumah pasti memiliki TV karena dapat dikatakan bahwa TV merupakan hiburan pokok di dalam rumah. Jika kita tidak sedang memiliki kegiatan di luar ruman atau tidak sedang bekerja, pasti yang akan kita lakukan dari bangun tidur sampai kembali tidur hanyalah menonton TV. Karena itu televisi sendiri sudah pasti menjadi sarana hiburan apalagi dengan acara dan juga stasiun TV yang bermacam-macam, sebut saja acara yang sempat heboh dengan goyanganya, atau juga acara yang terkenal dengan pencarian bakat dan lain sebagainya. Akan tetapi menonton TV dengan waktu atau durasi yang terlalu lama tentunya memiliki dampak negatif, kira-kira apa saja dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari terlalu lama menonton TV? ini dia dampaknya

Dampak Negatif Terlalu Lama Menonton TV

  1. Menyebabkan Gangguan Tidur, Saat kita terlalu lama menonton TV maka salah satu dampaknya terhadap kita adalah gangguan tidur. Gangguan tidur ini dapat terjadi karena saat kita terlalu sering menonton TV dapat mengakibatkan berkurangnya kadar hormon melatonin di otak kita yang mana hal ini dapat mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat kita terjaga lebih lama, tidur tidak teratur dan lelah. Berkurangnya level melatonin ini juga biasa dikaitkan dengan puberitas dini pada anak perempuan.
  2. Meningkatkan Resiko Diabetes, Ternyata dengan terlalu lama menonton TV dapat juga meningkatkan resiko terkena diabetes. Dari hasil sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of America Medical Association tahun 2003 menunjukkan bahwa, resiko terkena diabetes meningkat sebesar 14% pada mereka yang menonton televisi selama 2 jam sehari. Penelitian lain juga membuktikan bahwa seseorang yang menonton TV lenbih dari 40 jam dalam seminggu 3 kali lebih beresiko menderita diabetes dibandingkan dengan seseorang yang menonton TV kurang dari 1 jam seriap minggunya.
  3. Beresiko Terkena Penyakit Jantung. Menonton TV dengan durasi yang lama juga dapat memicu terjadinya serangan jantung. Hal ini didasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dengan melibatkan 8.800 laki-laki dan perempuan di Australia dimana yang menjadi peserta semua berumur 25 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Dari hasil penelitian tersebut diungkapkan bahwa dengan menonton TV dengan durasi satu jam dapat meningkatkan kematian akibat serangan jantung sebesar 18% dan resiko kematian akibat kanker sebesar 9%. Ini berarti bahwa setiap orang yang menonton TV lebih dari 4 jam memiliki 80% peningkatan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler selama priode 6 tahun diabndingkan dengan orang yang menonton TV kurang dari 2 jam setiap harinya.
  4. Mengakibatkan Obesitas. Dengan menonton TV terlalu lama akan mengakibatkan otot kita tidak bergerak. Jika otot-otot kita tidak aktif dalam jangka waktu yang lama maka dapat mengganggu metabolisme dan menyebabkan kenaikan berat badan yang akhirnya akan mengakibatkan obesitas.
  5. Meningkatkan Resiko Asma. Penelitian mengenai hal ini dilakukan di Inggris, dimana penelitian yang dilakukan adalah dengan mempelajari kebiasaan menonton TV lebih dari 3.000 anak-anak yang menghabiskan 2 jam atau lebih menonton televisi dalam sehari. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan hasil dimana anak-anak yang menghasbiskan waktu 2 jam lebih menonton TV dalam sehari akan dua kali beresiko terkena asma.
  6. ADD (Attention Deficit Disoder). ADD adalah sebuah gangguan pemusatan perhatian atau konsentrasi dan sifat impulsif yang tidak sesuai pada umur anak, dan bahkan ada beberapa anak dapat menunjukkan sifat hiperaktif. Dari hasil penelitian di University of Washington Child Health Institute menentukan bahwa pada anak yang berusia 3 tahun yang menonton TV selama 2 jam atau lebih dalam sehari akan memiliki masalah gangguan perhatian pada usia 7 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton TV.
  7. Sakit Mata. Dengan menonton TV dengan durasi yang lama juga akan berdampak buruk pada mata kita. Apalagi kita terbiasa menonton TV di dalam ruangan dengan kondisis yang gelap. Terlalu lama memfokuskan mata kita pada sebuah objek akan membuat otot mata kita menjadi tegang sehingga dapat mengakibatkan dampak yang buruk pada mata kita.
  8. Perilaku Agresif. Perilaku agresif lebih ditunjukan pada anak-anak. Apalagi mereka menyaksikan acara atau film yang menampilkan kekerasan. Hal ini akan membuat anak-anak berperilaku agresif.
  9. Kurang Bersosialisasi.Terlalu sering menonton TV dapat membuat kita jarang bersosialisasi dengan orang lain. Tentunya hal ini kurang baik karena dengan kurang bersosialisasi dengan teman maupun keluarga dapat mengakibatkan berbagai masalah sosial.

Nah itu dia beberapaDampak Negatif Terlalu Lama Menonton TV yang bisa menimpa kita jika kita terlalu lama menonton TV. Untuk itu bagi anda yang sekarang ini sangat sering menonton TV ada baiknya untuk menguranginya dan bisa diganti dengan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kita. Semoga apa yang saya tulis dapat menambah wawasan kita dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Artikel Kesehatan - Dampak Negatif Terlalu Lama Menonton TV, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response