Ikan Gabus :Tinggi Protein dan Baik Untuk Menyembuhkan Luka

By - On 16 November 2015 - Categories : Kesehatan

Ikan gabus atau yang juga dikenal dengan nama ikan toman, ikan gastor maupun ikan kutuk ini merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang ada pada ikan ini merupakan salah satu yang paling tinggi dibandingkan dengan ikan yang lainnya. Di Indonesia sendiri ikan gabus ini banyak hidup di daerah sungai dan juga rawa. Secara fisik ikan ini memiliki bentuk seperti lele namun tidak memiliki kumis. Namun ada juga yang mengatakan jika ikan ini memiliki bentuk yang hampir mirip ular karena warna sisik dari ikan ini menyerupai kulit ular.

Ikan Gabus :Tinggi Protein dan Baik Untuk Menyembuhkan Luka
Ikan Gabus :Tinggi Protein dan Baik Untuk Menyembuhkan Luka

Dibalik fisiknya yang mungkin kurang sedap di pandang, namun ikan ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Kandungan albumin yang terdapat dapat ikan gabus ini baik untuk mereka yang sedang mengalami luka pasca operasi, luka bakar, luka pasca melahirkan, luka pasca sunat, kecelakaan maupun luka kronis lainnya. Selain itu juga ikan gabus ini memiliki masih banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti :

Perbandingan Kandungan Protein Daging Ikan Gabus Dengan Daging Lainnya

Kadar kandungan protein yang terkandung di dalam ikan gabus lebih tinggi dibandingkan kadar protein ikan lele maupun ikan nila atau mas. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Coba anda bandingkan 100 gram ikan gabus terdapat 25,2 gram protein. 100 gram daging ayam mengandung 18,2 gram protein. 100 gram daging sapi mengandung 18,8 gram protein dan 100 gram telur hanya mengandung 12,8 gram protein.

Pembentukan dan Pertumbuhan Otot

Dapat terlihat jelas dari perbandingan kandungan protein daging di atas, bahwa ikan gabus ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan itu sangat baik untuk membantu membentuk otot pada tubuh.

Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Zat albumin tidak hanya berfungsi untuk menyembuhkan luka saja, akan tetapi juga baik untuk menjaga kestabilan cairan dalam tubuh. Jika kadar cairan tubuh anda berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Baik Untuk Pencernaan

Ikan gabus ini memiliki struktur daging yang empuk dan anda tidak perlu khawatir saat mencernanya karena sangat mudah dicerna. Itu karena gabus juga mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibanding dengan kadar protein yang terkandung pada daging ternak lainnya.

Penyembuhan Berbagai Penyakit

Daging gabus juga baik bagi penyembuhan berbagai penyakit seperti hepatitis, infeksi paru, typhus, diabetes, stroke dan lain sebagainya.

Memperbaiki Gizi Buruk

Ikan gabus juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi, balita, anak maupun ibu hamil karena di dalam 100 gr daging ikan gabus saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi yang penting untuk kesehatan terutama pada bayi.

Membantu Penyembuhan Anak Autis

Ada sebuah kandungan di dalam ikan gabus yang ternyata baik atau mampu untuk menyembuhkan pengidap autis.

Mengatasi Pembengkakan di dalam Tubuh

Kandungan albumin juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di dalam tubuh selain dapat menyembuhkan luka.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi daging ikan gabus juga dapat membuat atau meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Artikel Kesehatan - Ikan Gabus :Tinggi Protein dan Baik Untuk Menyembuhkan Luka, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response