Ini Akibat Menggunakan Toilet Duduk yang Jarang Diketahui

By - On 25 February 2016 - Categories : Kesehatan

Ini Akibat Menggunakan Toilet Duduk yang Jarang Diketahui – Seiring berkembangnya jaman banyak sekali hal yang sudah berubah termasuk cara orang untuk BAB. Pada zaman dulu saat akan BAB orang akan pergi ke kali atau sungai, lalu berkembang hingga sekarang ini menggunakan toilet. Toilet pun juga mengalami perubahan dimana dulu tolet memiliki model jongkok dan berganti menjadi model duduk. Walaupun memang di negara kita masih mayoritas menggunakan tolet jongkok, akan tetapi sudah mulai banyak juga orang yang lebih memilih menggunakan tolilet duduk.

Ini Akibat Menggunakan Toilet Duduk yang Jarang Diketahui
Ini Akibat Menggunakan Toilet Duduk yang Jarang Diketahui

Sebetulnya melalui berbagai penelitian sudah diungkapkan menggunakan toilet model duduk sebenarnya memiliki beberapa dampak yang kurang baik seperti sembelit. Banyak dokter atau praktisi kesehatan yang menjelaskan bahwa ketika sedang dalam posisi duduk sebenarnya tubuh tidak dapat mempertahankan keseinambungan dalam mengeluarkan kotoran. Selain itu juga tubuh tidak dapat melakukan tekanan ekstra dalam proses mengeluarkan kotoran. Ada beberapa bahaya lainnya ketika menggunakan toilet duduk seperti :

Hemoroid

Hemoroid adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada otot yang disebabkan karena otot terlalu tegang ataupun terlalu keras. Sehingga mengakibatkan vena menjadi bengkak yang dapat beresiko pada terjadinya pendarahan.

Sembelit

Ketika menggunakan toilet dudukm maka secara otomatis posisi yang digunakan adalah posisi duduk yang mana mengakibatkan kotoran tidak dapat keluar dengan maksimal. Kotoran juga akan menjadi menumpuk yang mana mengakibatkan tinja menjadi keras sehingga dapat mengakibatkan sembelit.

Penyakit usus

Saat kotoran yang dikeluarkan tidak maksimal, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan pada usus yang dapat mengakibatkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi secara maksimal yang akhirnya membuat ubuh menjadi kurang sehat.

Infeksi saluran kencing

Bukan hanya kotoran yang dikluarkan saat BAB, akan tetapi air kencing juga harus dikeluarkan. Saat menggunakan toilet duduk air kencing yang keluar juga tidak maksimal sehingga semakin lama akan membuat terjadinya infeksi saluran kencing. Padahal jika menggunakan tolet jongkok dapat dengan mudah sekali membuat kandung kemih menjadi kosong sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi pada saluran kencing.

Gangguan panggul

Toilet duduk juga dapat menekan usus besar yang mengakibatkan terjadinya gangguan pada panggul. Berbeda saat menggunakan toilet jongkok yang justru melindungi saraf panggul.

Itulah beberapa kerugian yang dapat ditimbulkan jika menggunakan toilet jongkok. Pastinya semua penyakit tersebut baru akan terasa dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga pertimbangkan kembali dalam memilih toilet, Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan - Ini Akibat Menggunakan Toilet Duduk yang Jarang Diketahui, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response