Keseleo? Jangan Diurut Tapi Lakukan Hal Ini

By - On 17 May 2016 - Categories : Kesehatan

Pastinya beberapa dari kita pernah mengalami yang namanya keseleo saat sedang melakukan berbagai aktivitas. Biasanya keseleo dapat terjadi karena posisi tubuh yang tidak pas saat bertumpu. Kejadian ini akan membuat bagian tubuh yang keseleo terasa sakit dan juga nyeri pada saat akan digerakkan. Dan juga dalam beberapa kasus keseleo ini dapat membuat orang menjadi susah untuk berjalan dan menggerakkan beberapa anggota tubuh.

Keseleo? Jangan Diurut Tapi Lakukan Hal Ini
Keseleo? Jangan Diurut Tapi Lakukan Hal Ini

Bagi kebanyakan orang Indonesia yang mengalami keseleo akan mengatasinya dengan cara memijitnya atau mengurutnya. Karena dengan cara tersebut dianggap sangat mampu untuk mengatasi rasa sakit pada bagian tubuh yang keseleo. Padahal perlu diketahui bahwa pijatan pada bagian yang keseleo bukanlah pertolongan pertama yang direkomendasikan secara medis. Bahkan efeknya bisa bisa lebih parah.

Padahal secara medis jika bagian tubuh yang keseloe tersebut diurut maka akan semakin membuat pembengkakan. Saat terjadi keseleo maka terjadi pecah pada pembulu darah dan harus dikompres dengan air dingin agar bengkak tersebut bisa kempes, bukanya malah diurut atau dikasih obat panas.

Pemberian obat panas seperti balsa atau sejenisnya akan memberikan reaksi pembengkakan yang semakin parah. Karena kedua cara tersebut akan memicu pelebaran pembulu darah yang mengalami terkilir atau juga pelebaran pembuluh darah lainnya. Maka pada saat tersebut langkah yang paling tepat adalah dengan menyiapkan air dingin dan mengompreskan pada bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Dan untuk meringankan rasa nyeri maka pengompresan dapat dilakukan secara berkelanjutan setiap empat jam sekali.

Jika keselo yang terjadi bukan karena ligamen atau otot putus dan sedikit sobek maka dalam waktu seminggu biasanya akan kembali sembuh. Namun bila dalam satu minggu tidak juga sembuh maka itu artinya ada malasah serius yang terjadi dan butuh pemeriksaan lanjut. Walaupun begitu sebetulnya keseleo atau terkilir masih dapat diurut dengan syarat jika kondisi keselo tersebut masih ringan. Keseleo ringan sendiri ciri-cirinya seperti tidak ada perubahan bentuk, tidak panas dan digerakkan tidak sakit secara berlebihan.

Artikel Kesehatan - Keseleo? Jangan Diurut Tapi Lakukan Hal Ini, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response