Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

By - On 27 August 2015 - Categories : Kesehatan

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan – Pastinya semua orang sudah kenal dengan sayur yang satu ini. Di kalangan masyarakat Indonesia, kangkung memang dapat dikatakan populer karena dengan harga yang terjangkau, mudah tumbuh, cepat panen dan sangat mudah didapatkan juga sangat mudah diolah. Kangkung atau yang memiliki nama latin ipomea Agatica merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari India, lalu menyebar ke malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia hingga ke Afrika.

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan
Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Tanaman kangkung termasuk ke dalam suku Convolvulaceae atau termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan. Kangkung juga merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat dan sudah dapat di panen hanya dalam kurun waktu 4 hingga 6 minggu. Di dalam satu musim saja kangkung dapat tumbuh dengan panjang mencapai 30 hingga 50 cm. Kangkung sendiri memiliki dua jenis yaitu kangkung darat (yang tumbuh di darat) atau kangkung air (yang tumbuh di air).

Kandungan Sayur Kangkung

Kangkung merupakan sayur yang sangat sehat dan tentunya memiliki banyak sekali manfaatnya. Kangung memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan juga sitosterol. Kangkung juga termasuk sebagai sayur dengan tinggi serat, sehingga kangkung dapat digunakan untuk mencegah sembelit. Karena memiliki sifat yang anti recun, kangkung juga dapat digunakan untuk mengatasi keracunan akibat makanan, mimisan dan juga sariawan. Bahkan daun dan juga akar kangkung dapat digunakan untuk mengurangi bisaul dan sebagai obat tradisional untuk mengatasi wasir.

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Diabetes

Setelah dilakukang pengujian di laboratorium, ternyata menunjukkan bahwa ekstrak kangkung berguna sebagi obat untuk mengatasi penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan ekstrak kangkung akan menghambat penyertapan kadar gula dalam darah. Untuk itu bagi anda yang tidak ingin terkena diabetes mulailah untuk mengkonsumsi kangkung.

2. Mengatasi Sariawan dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah anda jika ternyata kangkung memiliki banyak kandungan vitamin C dan kandungan vitamin C yang terkandung di dalam sayur kangkung ternyata lebih banyak dari pada vitamin C yang terkandung di dalam buah-buahan. Untuk itulah kangkung sangat baik untuk mengatasi sariawan, gusi berdarah dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi tidak mudah sakit.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Menenangkan Otak

Ternyata kangkung memiliki kadar vitamin B dan juga Omega 3 yang cukup banyak. Dimana kedua zat tersebut merupakan peningkat produksi serotin dalam otak, sehingga bisa menciptakan suasana yang tenang melalui otak sehingga kangkung dapat dikatakan dapat menyegarkan otak kembali.

4. Mengatasi Anemia

Kangkung memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,5 mg/100g zat besi. Zat besi sendiri sangat penting untuk tubuh kita, karena fungsinya sebagai pembentuk sel darah merah sangatlah vital. Nah dengan kandungan zat besi yang cukup banyak tersebut makanya kangkung dapat menjadi penjegah anemia yang baik

5. Mencegah Insomnia

kangkung memiliki sifat sedatif sehingga kangkung bisa dikatakan sebagai sumber peyebab kantuk. Kangkung juga bisa mengendurkan saraf karena mineral seng dan juga selenium yang terkandung di dalamnya. Jadi dengan dua kandungan tersebut kangkung dapat membuat kita kantung dan membuat saraf menjadi kendur sehingga membuat kita menjadi lebih rilex dan tidak mengalami insomnis. Jadi jika anda adalah penderita insomnia mungkin kangkung bisa jadi alternatif buat anda agar bisa tidur.

6. Baik Untuk Mata

Kangkung memiliki banyak kandungan vitamin A sehingga kangkung bisa menjaga kestabilan pengelihatan mata. Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam kangkung sebanyak 6300 IU dan ini sedikit lebih banyak dari kandungan vitamin A yang terdapat pada Bayam yaitu 6100 IU.

7. Mengurangi Haid yang Berlebihan

Kangkung dapat digunakan untuk mengurangi haid yang berlebihan. Untuk menggunakannya cuku dengan ambil setengah kilogram daun kangkung segar lalu cuci bersih dan tumbuh halus. Tuangkan air setengah gelas lalu saring dan tuangkan satu sendok makan madu. Ramuan ini dapat diminum sekaligus dalam sehari sehingga haid akan menjadi baik dan juga lancar.

Itulah beberapa manfaat sayur kangkung bagi kesehatan tubuh, jadi bagi anda yang mungkin selama ini tidak suka mengkonsumsi sayur yang satu ini sebagiknya mulai dari sekarang anda harus mencoba sayur ini. Karena selain enak buah ini juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Artikel Kesehatan - Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response