Manfaat Singkong yang Belum Banyak Diketahui

By - On 17 October 2015 - Categories : Kesehatan, Manfaat Sayur

Tanaman yang termasuk tanaman umbi-umbian ini memiliki nama lain, yaitu ketela pohon dan umbi kayu. Di Indonesia sendiri, singkong juga menjadi makanan pokok di beberapa tempat yang biasanya memiliki kontur tanah keras sehingga tidak dapat digunakan untuk menanam padi. Tidak hanya umbinya saja, daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur maupun lalapan. Singkong sudah dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, namun ternyata tidak hanya itu saja karena singkong juga menyimpan berbagai nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, berikutManfaat Singkong yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Singkong yang Belum Banyak Diketahui
Manfaat Singkong yang Belum Banyak Diketahui

Melancarkan Pencernaan

Singkong mengandung Insolube Fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Jenis serta ini membantu memperlancar proses buang air besar serta dapat menyerap dan membuang toksin di dalam usus sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

Sumber Protein Tinggi

Singkong memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun singkong juga mempunyai kandungan protein yang tinggi jika dibandingkan kentang dan juga pisang.

Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori yang lebih banyak dua kali lipat dibandingkan kentang. Jadi tidak heran jika singkong dijadikan sumber makanan pokok yang dapat menggantikan nasi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

Sebagai Sumber Serat

Singkong dapat menurunkan kadar trigliserida serta mampu menjadi sumber serta yang baik. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan resiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. Manfaat singkong di dapatkan dengan cara direbus maupun di kukus.

Baik Untuk Tulang

Singkong memiliki kandungan vitamin K yang baik bagi tulang. Vitamin K juga dapat berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf otak.

Mengatasi Anemia

Singkong juga kaya akan vitamin B kompleks dan juga beberapa vitamin seperti ribovlavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan juga asam pantotenat. Riboflavin berfungsi untuk membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah yang dapat mengurangi anemia.

Artikel Kesehatan, Manfaat Sayur - Manfaat Singkong yang Belum Banyak Diketahui, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response