Masih Berani Melakukan Kebiasaan Membunyikan Jari Tangan?

By - On 1 February 2016 - Categories : Kesehatan

Masih Berani Melakukan Kebiasaan Membunyikan Jari Tangan? – Orang banyak yang beranggapan bahwa kebiasaan membunyikan jari tangan, lehar hingga pinggang dapat menghilangkan rasa pegal maupun lelah. Biasanya yang paling sering dibunyikan adalah jari tangan dan banyak juga yang sering meregangkan ketegangan otot dengan menggoyangkan pinggang atau mematahkan leher.

Masih Berani Melakukan Kebiasaan Membunyikan Jari Tangan?
Masih Berani Melakukan Kebiasaan Membunyikan Jari Tangan?

Penyebab tulang bisa mengeluarkan bunyi

Tulang pada bagian sendi yang bergerak diselimyti oleh pelumas bening dan juga tebal yang disebut dengna cairan Synovial yang bertugas untuk melumasi sendi agar bisa bergerak bebas. Cairan synivial ini mengandung gas karbondioksida (CO2). Jika tidak adanya cairan ini maka setiap bergerak maka tulang akan mengeluarkan bunyi ‘krieeeeeeeeeeeet’ seperti suara pintu yang kurang pelumas. Nah saat seseorang membunyikan jari-jarinya dengan mematahkan jari-jarinya sebenrnya hal tersebut mendorong sendi keluar dari posisi normalnya dan mengembalikan lagi ke posisi awal.

Nah pada saat kondisi yang mengalami perubuhan tersebut, volume ruang pada sendipun menjadi bertambah. Karena meningkatnya volume ruang inilah tekanan di dalamnya menjadi menurun, begitu juga dengan tekanan cairan synovial. Saat tekanan cairan synnovial menurun, gelembung CO2 di dalamnya mengalami peningkatan drastis sehingga akan meletup. Nah ini dia yang mengakibatkan keluarnya suara ‘ctek’

Setelah kurang lebih 25-30 menit kemudian adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan CO2 ke dalam cairan tersebut, nah selama proses tersebut juga sendi tidak dapat mengeluarkan bunyi ‘ctek’ lagi.

Orang cenderung akan ketagihan melakukan hal tersebut karena sendi-sendi bisa bergerak luas setelah di ctek-ctek (dibunyikan) karena orga golgi tendon atau sekumpulan syaraf yang mengatur gerak manusia akan berstimulasi dan otot-otot di sekitarnya menjadi kendur. Sehingga orang akan merasa nyaman setelah tulang mereka dibunyikan.

Padahal menurut Anatomy and Physology Instruttors Cooperative, kebiasaan ini menunjukkan kerusaka lainnya seperti kerusakan jaringan lembut pada pembungkus cairan sendi yang akan mengakibatkan menurunnya kekuatan genggaman. Tentunya hal ini akan mempengaruhi aktivitas yang mengendalkan jari tangan. Untuk itu mulai sekarang kurangi kebiasan membunyikan jari tangan dan bagian tulang yang lainnya.

Artikel Kesehatan - Masih Berani Melakukan Kebiasaan Membunyikan Jari Tangan?, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response