Mengapa Nabi Melarang Kita Untuk Minum Sambil Berdiri?

By - On 22 October 2014 - Categories : Kesehatan

Mengapa Nabi Melarang Kita Untuk Minum Sambil Berdiri ? – Sebenarnya saya mendapatkan ide untuk menulis artikel ini karena mendapat pengalaman yang sedikit tidak terduga. Sedikit bercerita, pada waktu itu saya bertemu dengan sepupu saya yang sedang melanjutkan pendidikinya pada salah satu pesantren di daerah magelang. Dulu saya mengenal sepupu saya ini sebagai sosok yang agak nakal akan tetapi setelah dia masuk pesantren sepertinya dia mengalami perubahan yang cukup luar biasa.

Mengapa Nabi Melarang Kita Untuk Minum Sambil Berdiri?
Mengapa Nabi Melarang Kita Untuk Minum Sambil Berdiri?

Singkat cerita saat itu karena cuaca yang cukup panas saya membeli air mineral dan dan langsung meminumnya sambil berdiri. Tiba-tiba sepupu saya berkata ” Mas kalau minum coba jangan sambil berdiri mas, lebih baik minum sambil duduk”. Perkataanya sontak membuat saya kaget dan tiba-tiba mengingat pelajaran agama semasa SD yang mana pernah disebutkan kalau Nabi Muhammad menganjurkan kita untuk tidak minum sambil berdiri. Nah hal inilah yang membuat saya penasaran untuk mencari tau kenapa sih Nabi menganjurkan kita untuk tidak minum sambil berdiri.

Setelah sedikit mengulik-ngulik bacaan di beberapa artikel akhirnya saya mendapat beberapa fakta yang memang menunjukan mengapa minum sambil berdiri tidak baik bagi kesehatan kita. Ternyata dengan minum sambil berdiri dapat mengganggu organ vital kita terutama ginjal. Dalam sebuah kajian kesehatan, membuktikan bahwa air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk lebih baik dibandingakan dengan kita minum sambil berdiri.

Air putih yang kita minum saat duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah salah satu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka sehingga air kemih bisa lewat dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada pada ginjal. Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara berdiri, maka air yang kita minum itu masuk tanpa disaring lagi. Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang tersisa di ureter maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal yang merupakan salah satu penyakit ginjal yang berbahaya

Untuk itu agar terhindar dari penyakit ginjal tersebut ada beberapa saran yang baik untuk anda ikuti;

  • Biasakan selalu minum sambil duduk, ingat jangan sambil berdiri
  • Biasakan dan perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan
  • Minumlah 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
  • Minumlah 2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam
  • Minumlah 2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam

Dengan demikian diharapkan kebutuhan air dalam proses metabolisme tubuh akan terpenuhi. Nah itu dia beberapa fakta yang dapat saya tuliskan dalam artikel ini. Dan jangan lupa ya untuk mengusahakan agar minum sambil duduk supaya kita bisa menjadi lebih sehat dan juga untuk menjaga kesehatan ogan ginjal kita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, makasih.

Artikel Kesehatan - Mengapa Nabi Melarang Kita Untuk Minum Sambil Berdiri?, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response