Menjadi Lemas dan Mengantuk Usai Makan Nasi? Ini Alasannya

By - On 18 May 2016 - Categories : Kesehatan

Setelah makan justru membuat anda menjadi lemas dan ngantuk berat? Nah pasti beberapa dari kita mungkin pernah merasakan hal yang sama dimana saat usai makan nasi dalam porsi yang banyak tubuh justru merasa lemas dan ngantuk padahal nasi mengandung karbohidrat tinggi yang serahrunya malah menjadi sumber tenaga yang cukup besar setelah dikonsumsi. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Menjadi Lemas dan Mengantuk Usai Makan Nasi? Ini Alasannya
Menjadi Lemas dan Mengantuk Usai Makan Nasi? Ini Alasannya

Ternyata hal tersebut dapat terjadi karena adanya indeks glikemik tinggi yang dikandung oleh nasi putih. Dimana saat seseorang mengkonsumsi nasi putih maka akan terjadi lonjakan gula darah yang dalam waktu yang cepat. Hal tersebut akan meningkatkan aliran darah yang ada di dalam tubuh.

Nasi adalah makanan dengan kandungaan glikemiks yang tinggi. Saat masuk ke dalam tubuh maka nasi akan meningkatakan aliran darah dan akan menaikkan gula darah yang cepat. Kenaikan gula dalam waktu yang cepat ini akan disusul juga dengan penurunan gula darah yang juga cepat. Maka saat turun tubuh akan menjadi lemas dan mudah lelah sehingga mood akan menjadi menurun.

Untuk itulah sangat disarankan mengkonsumsi makanan dengan kadar glikemik yang rendah agar kenaikan gula darah bisa terjadi secara perlahan. Maka dengan begitu energi dan gula darah bisa menjadi lebih stabil karena tubuh dapat mengolah energi dengan perlahan.

Sebetulnya tidak hanya nasi saja yang memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi, karena makanan seperti pasta, roti dan juga mie juga bisa membuat seseorang menjadi mudah lemas jika dikonsumsi terlalu banyak. Selain itu juga lebih baik untuk mengkonsumsi banyak sayur dan makanan kaya serat lainnya agar kenaikan gula darai lebih terkontrol sehingga tidak membuat lemas dan lelah.

Artikel Kesehatan - Menjadi Lemas dan Mengantuk Usai Makan Nasi? Ini Alasannya, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response