Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

By - On 13 September 2014 - Categories : Kesehatan

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya-Tahukah anda bahwa gigi merupakan cermin dari kesehatan manusia. Dapat dikatakan demikian karena banyak penyakit yang dimulai dari kurangnya menjaga kesehatan gigi. Bahkan ada pula beberapa penyakit yang bisa dideteksi atau dilihat dari gigi. Nah sudah menjadi kebiasaan kita kalau mau ke dokter gigi harus menunggu sakit dulu. Padahal pemeriksaan rutin gigi itu sangat diperlukan untuk melihat dan memastikan gigi kita tetap sehat. Makanya tidak heran jika kita sering mengalami sakit gigi dan kebanyakan penyebabnya adalah karena gigi kita berlubang. Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan gigi berlubang? ini dia beberapa penyebab terjadinya gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

  1. Cara Menyikat Gigi yang Salah. Mungkin hal ini terlihat sepele, akan tetapi masih banyak orang yang cara menyikat giginya masih salah. Cara menyikat gigi yang benar adalah dari atas ke bawah atau bawah ke atas bukanya dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Dan juga saat menyikat gigi usahakan lakukan di depan cermin agar kita dapat melihat kotoran dan mudah membersihkannya. Nah cara menyikat gigi yang salah itulah yang bisa menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.
  2. Gula dan Bakteri. Dapat dikatakan bahwa gula dan bakteri merupakan pelaku utama dari gigi berlubang. Bakteri akan membuat gula dari sisa makanan menjadi asam dan membuat area mulut menjadi asam. Asam inilah yang kemudian membuat lubang kecil pada gigi. Saat lubang baru terjadi pada email gigi, biasanya rasa nyeri belum terasa. Akan tetapi saat lubang kecil pada email gigi tersebut menjadi celah masuknya sisa makanan yang dapat berpotensi membuat lubang yang lebih besar. Nah saat itulah rasa nyeri akan mulai datang terutama saat mengunyah makanan.
  3. Menggunakan Sikat Gigi yang Kurang Tepat. Ternyata menggunakan sikat gigi yang tidak sesuai dengan rongga mulut kita bisa memicu munculnya gigi berlubang. Sikat gigi yang tidak sesuai akan mengakibatkan tidak terjangkaunya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi kita. Apalagi jika bulu sikat yang digunakan terlalu kasar yang malah bisa mengikis email gigi kita. Untuk itu pilihlah bulu sikat yang lembut dengan ujung kepalanya yang mengecil karena semakin ke dalam ruang gigi dalam mulut akan semakin mengecil.

Itulah beberapa penyebab dari gigi berlubang yang akan sangat mengganggu tentunya apalagi sudah sampai menyebabkan gigi kita sakit. Untuk itu kali ini saya akan memberikan sedikit tips maupun antisipasi agar anda bisa menjaga gigi anda.

  1. Sikat Gigi minimal 2 x sehari. Usahakanlah untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Pagi dan malam merupakan waktu yang di anjurkan untuk menggosok gigi. Jika perlu gunakanlah obat kumur sesudah menggosok gigi untuk mengurangi perkembangan bakteri.
  2. Menyikat Gigi dengan Benar. Untuk mencegah gigi berlubang, ternyata menyikat gigi saja belum cukup. Anda harus melakukanya dengan benar. Gosoklah gigi dari atas ke bawah dan sebaliknya dan sikatlah secara datar untuk gigi geraham. Nah khusus buat gigi geraham harus dibersihkan dengan baik karena sisa-sisa makanan biasanya banyak yang menempel pada gigi geraham.
  3. Berkumur Setelah Makan. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa salah satu penyebab gigi berlubang adalah asam yang disebabkan oleh bakteri. Nah untuk mencegah hal ini anda bisa melakukanya dengan berkumur. Gunakanlah obat kumur yang mengandung anti bakteri untuk mencegah perkembangan bakteri ini.
  4. Kurangi Makanan Manis. Makanan manis bisa menimbulkan keasaman pada rongga mulut kita yang mana dapat mengakibatkan gigi berlubang. Untuk itu hindarilah atau mungkin kurangi makanan yang manis-manis.
  5. Gunakan Benang Ketimbang Tusuk Gigi. Sudah menjadi hal yang umum dimana saat ada sisa makanan yang terselip di gigi, kita akan mengoreknya mengunakan tusuk gigi. Padahal tusuk gigi memiliki dampak yang kurang baik karena dengan menggunakan tusuk gigi bisa memberikan resiko gusi tertusuk dan luka dan juga bisa membuat celah pada gigi semakin lebar sehingga sisa makanan akan lebih mudah terselip.

Nah itulah beberapa penyebab gigi berlubang dan beberapa tips untuk mengatasi gigi berlubang. Mencegah lebih baik dari pada mengobati makanya jangan sebelum gigi kita menjadi lubang lebih baik kita memeriksanya ke dokter gigi sedini mungkin ya.

Artikel Kesehatan - Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response