Peran dan Manfaat Lintah Dalam Dunia Medis
Peran dan Manfaat Lintah Dalam Dunia Medis

Peran dan Manfaat Lintah Dalam Dunia Medis

By - On 26 December 2014 - Categories : Kesehatan

Peran dan Manfaat Lintah Dalam Dunia Medis – Hewan yang memiliki nama ilmiah Hirudo Medicinalis atau yang lebih kita kenal dengan lintah ini memang bagi sebagian orang memiliki bentuk yang cukup menjijikan. Dengan panjang sekitar 2-3 inchi dan dengan gigi berjumlah 60 – 100 buah membuat hewan yang kerap muncul di musim hujan ini terlihat begitu menjijikan.

Namun walaupun memiliki penampilan yang cukup menjijikan akan tetapi hewan yang berjalan lambat ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi dunia medis atau kesehatan. Awalnya bangsa Yunani dan Romalah yang pertama kali mempelopori penggunaan lintah sebagai alat terapi. Kabar penggunaan lintah ini pun menyebar hingga ke seluruh penjuru Eropa. Akan tetapi pada tahun 1800 penggunaan lintah sebgai media untuk pengobatan sempat dilarang, akan tetapi setelah dilakukan kajian yang mendalam lintah kembali digunakan menjadi alternatif pengobatan di dunia medis.

Tubuh lintah sendiri memiliki banyak kandungan zat kimia yang tentunya memiliki banyak manfaat. Beberapa zat kimia yang terkandung di dalam tubuh lintah antara lain adalah Hirudin yang mana dapat berfungsi menghambat pembekuan darah dan mengurangi pembentukan gumpalan darah sehingga dapat dimanfaatkan untuk sebuah operasi kecil. Zat kimia lainya adalah Hialuronidase yang terdapat pada air liur lintah yang mana zat ini tergolong dalam obat bius sehingga tidak heran saat kita digigit oleh lintah kita tidak akan terasa. Lalu ada zat Trombin yang mana mampu membantu menyembuhkan luka sehingga ketika lintah menggigit maka luka gigitanya akan segera sembuh. Adapun beberapa kegiatan medis yang dilakukan dengan pemanfaatan lintah antara lain :

Peran dan Manfaat Lintah Dalam Dunia Medis

1. Terapi Menggunakan Lintah

Mungkin anda pernah mendengar terapi lintah ini dari beberapa media, terapi ini sendiri merupakan pemanfaatan gigi kecil lintah pengisap yang terdapat pada mulut lintah untuk dijadikan alat pengisap darah pada tubuh. Terapi dengan menggunakan lintah mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga peredaran darah pun menjadi lancar.

Karena dapat menghentikan darah yang mengalir setelah operasi, maka US Federal Drug Administration menggolongkan lintah sebagai alat medis. Proses terapi lintah ini tergolong mudah, sebanyak 2-3 lintah diletakkan pada badan pasien yang menjalani terapi kurang lebih selama 40 menit. Setelah menghisap darah, lintah akan jatuh dengan sendirinya. Nah sebelumnya lintah akan memproduksi hirudin terlebih dahulu sehingga ketika lintah sudah terlepas maka luka bekas gigitan lintah tersebut akan berhenti mengalir sendiri.

2. Peran Lintah dalam Pembedahan dan Operasi Plastik

Ternyata lintah memiliki peran penting dalam membantu transplantasi jaringan tubuh sekaligus dapat memperbaiki sirkulai peredaran darah. Efek amputasi yang dilakukan pada anggota tubuh seseorang biasanya akan ikut mempengaruhi pembuluh darah. Dan jika hal ini dibiarkan maka dapat mengganggu sistem aliran tubuh. Nah dalam hal inilah lintah digunakan untuk merangsang pergerakan aliran darah sehingga sistem dai dalam tubh dapat kembali berjalan normal.

Sedangkan peranya dalam operasi plastik, lintah akan digunakan untuk mengembalikan fungsi jaringan yang ikut mati akibat proses operasi plastik tersebut. Lintah juga digunakan ketika proses mastektomi (operasi pengangkatan payudara) untuk mengilangkan darah dari pembuku vena yang dapat masuk ke dalam perut.

3. Lintah Sebagai Alternatif Pengobatan Radang Sendi

Radang sendi dapat terjadi karena diakibatkan oleh aliran darah yang terbatas pada daerah tersebut dan lama kelamaan bagain sendi yang sakit akan menjadi bengkak. Sebuah penelitian yang dilakukan dimana mereka mencoba menggunakan lintah guna menyembuhkan radang sendi ini dan ternyata berhasil. Lintah yang ditempelkan pada area yang sakit akan menghisap darah pada daerah disekitar sendi, sehingga membuat aliran darah kembali menjadi normal. Selain itu juga rasa kaku yang diakibatkan oleh radang sendi dapat hilang dan bengkak akibat arthritis pun dapat berkurang.

4. Lintah berkhasiat dalam Mengobati Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Ternyata zat antikoagulan yang terkandung di dalam liur lintah mampu untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga penyakit yang berhubungan dengan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat huridin yang mampu mengurangi tekanan pada dinding pembulu darah sehingga mengakibatkan menurunya tekanan darah pada penderita hipertensi.

Jadi bagi anda yang Ingin mencari pengobatan yang tanpa menggunakan zat kimia sepertinya lintah memang sangat cocok, karena selain tidak memiliki efek karena tidak terbuat dar bahan kimia terapi lintah juga lebih aman dan lebih murah juga tentunya. Gimana? ternyata memang keren ya hewan yang satu ini, walaupun memiliki bentuk yang sedikit menjijikan akan tetapi dia memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga dunia medis tentunya. Semoga bisa menambah infomrasi yang berguna dan juga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Leave a Response