Pinyebab Munculnya Memar Pada Kulit Secara TIba-Tiba

By - On 11 December 2015 - Categories : Kesehatan

Pastinya anda pernah mengalami kulit anda yang tiba-tiba menjadi memar dengan warna kebiru-biruan. Biasanya hal ini baru disadari setelah bangung tidur. Ada mitos yang menyebutkan bahwa memar ini ada karena dicubit setan, akan tetapi secara medis hal ini bisa dipicu oleh berbagai penyebab, mulai dari benturan atau luka maupun karena penyakit. Memar yang terjadi pada permukaan kulit tidak selalu terjadi akibat adanya benturan di permukaan kulit melainkan dapat juga dipicu oleh masalah lain. Kira-kira apa saja masalah lain yang dapat mengakibatkan kulit menjadi memar secara tiba-tiba?

Diabetes

Gejala awal penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya semacam memar pada permukaan kulit yang terjadi akibat lemahnya pembulu darah dan terjadi pendarahan kapiler internal. Hal ini akan membuatkulit tampak merah kebiruan.

Otot bekerja keras

Memar juga dapat dipicu oleh kerja otot yang terlalu keras. Biasanya memar akibat kerja otot yang terlalu keras ini muncul setelah selesai berolahraga atau berjalan jauh yang disebabkan oleh pecahnya pembulu darah.

Usia tua

Saat sesorang sudah mengalami penuaan, maka produksi kolagen di permukaan kulitnya akan semakin berkurang sehingga lapisan kulit menjadi lebih tipis. Hal ini membuat memar mudah muncul karena sebab yang kurang begitu jelas.

Hemofilia

Penyakit ini merupakan penyakit pembekuan darah yang mana mengakibatkan permukaan kulit sangat mudah menjadi memar. Sedikit terjadi kontak fisik saja akan menimbulkan pembulu darah pecah dan menimbulkan berkas biru pada kulit

Obat

Konsumsi beberapa jenis obat seperti aspirirm, kontrasepsi, serta steroid dapat menimbulkan bekas memar di kulit.

Purpura dermatosis

Purpura dermatosis merupakan sebuah kondisi dimana darah merembes di sela pembuluh darah kapiler kecil sehingga nampak menjadi memar dan ungu.

Artikel Kesehatan - Pinyebab Munculnya Memar Pada Kulit Secara TIba-Tiba, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response