Pisau Tumpul Dapat Menghilangkan Vitamin Pada Sayur yang Dipotong

By - On 19 October 2015 - Categories : Kesehatan

Perlengkapan memasak memiliki peran yang cukup besar dalam hal mempertahankan nutrisi yang ada di dalam bahan makanan seperti sayur. Mulai dari wajan penggorengan sampai pisau yang digunakan untuk memotong. Ternyata ketajaman pisau yang digunakan untuk memotong juga mampu mempengaruhi kadar vitamin yang terdapat di dalam sayur yang sedang di potong.

Pisau Tumpul Dapat Menghilangkan Vitamin Pada Sayur yang Dipotong
Pisau Tumpul Dapat Menghilangkan Vitamin Pada Sayur yang Dipotong

Semakin tajam pisau yang digunakan untuk mengiris sayuran, maka nutrisinya tidak banyak yang hilang. Akan tetapi jika pisau yang digunakan tumupul maka hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada serat yang dikandung oleh sayuran tersebut.

Dinding sel dari sayuran tersebut akan rusak dan berakibat pada hilangnya vitamin yang ada di dalamnya. Penyebabnya adalah terlalu seringnya pisau bergesekan dengan sayuran akibat tumpulnya pisau yang digunakan.

Dinding sel pada sayuran tersebut memiliki fungsi sebagai pengunci vitamin. Jika dinding tersebut terlalu banyak terkoyak oleh pisau yang tumpul maka, vitamin akan lepas dari tempatnya. Sehingga akan berakibat tidak maksimalnya asupan vitamin yang diperoleh.

Jika pisau yang digunakan tajam, maka gesekan antara sayur dan pisau lebih kecil karena memotong hanya perlu dilakukan sekali. Sabaiknya juga sayur yang sudah dipotong harus segera dimasak, karena membiarkannya terlalu lama maka akan merusak zat bermanfaat yang ada di dalamnya. Potongan sayur dan juga buah yang sudah terpapar papan, cahaya dan oksigen dapat pula merusak zat gizi dari sayur tersebut.

Artikel Kesehatan - Pisau Tumpul Dapat Menghilangkan Vitamin Pada Sayur yang Dipotong, is Posted Under Tags: , , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response