Pusar Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Jarang Dibersihkan

By - On 7 October 2015 - Categories : Kesehatan

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University North California Belly Button Biodiversity, ditemukan hasil bahwa pusar merupakan tempat yang nyaman untuk berkembangnya bakteri. Setidaknya ada 1.400 bakteri yang bersarang pada pusar manusia. Dan yang mengerikan adalah 662 bakteri merupakan jenis bakteri baru.

Pusar Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Jarang Dibersihkan
Pusar Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Jarang Dibersihkan

Penelitian yang dilakukan oleh University North California Belly Button Biodiversity menggunakan sejumlah 95 responden yang terlibat di dalamnya. Mereka diminta untuk mengusapkan cotton bud kepusarnya. Setelah itu ahli mikrobiolgi memeriksa hasil atau sampel kotoran yang menempel pada cotton bud tersebut. Dan hasilnya adalah, 80% dari 1.400 bakteri tersebut bukan merupakan bakteri yang dapat membahayakan kulit.

Dan dari hasil penelitian itu juga ditemukan bahwa banyaknya jumlah bakteri juga ditentukan oleh seberapa sering orang tersebut rajin membersihkan pusar mereka. Hal itu dikarenakan ada seorang responden yang tidak ditemukan bakteri pada pusarnya karena dia rajin membersihkan pusarnya. Dari hasil penelitian itu juga mereka menyarankan untuk membersihkan pusar secara rutin karena jumlah bakteri yang sebanyak 1.400 tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak. Adapun tips mudah untuk membersihkan pusar

Tips mudah membersihkan pusar

Menggunakan Baby Lotion

Ternyata baby lotion dapat dimanfaatkan untuk membersihkan pusar anda. Caranya dengan mengoleskan sedikit lotian bayi dan diamkan 5 menit. Setelah itu bersihkan dengan kapas. Cara ini juga cukup aman dan baik untuk kulit sensitif.

Menggunakan Kapas

Kapas bisa digunakan untuk membersihkan pusar. Perlahan usapkan dan keluarkan kotoran dari dalam pusar menggunakan kapas yang digulung dan direndam di dalam air. Anda juga bisa menggunakan baby oil.

Menggunakan Jus Lemon

Jus lomon ternyata tidak hanya enak diminun, melainkan juga bisa digunakan untuk membersihkan pusar. Gunakan kapas dan rendam di dalam perasan jus tersebut. Selain membersihkan, jus lemon juga mampu menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran di pusar.

Scrub

Scrub juga bisa menjadi pembersih pusar yang alami. Anda bisa menggunakan scrub alami seperti gula, kopi untuk mengikis sel kulit mati pada lubang pusar. Cara ini bisa diganti dengan menggunakan lulur.

Artikel Kesehatan - Pusar Bisa Jadi Sarang Bakteri Jika Jarang Dibersihkan, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response