Sejumlah Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

By - On 25 October 2014 - Categories : Kesehatan

Sejumlah Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan – Lari pagi mungkin sudah menjadi olahraga yang lumrah dilakukan oleh beberapa oranga. Lari pagi sendiri memang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan juga sangat dipercaya dapat mengurangi berat badan. Nah agar lebih jelas mengenai apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari lari pagi bagi kesehatan, mari kita simak penjelasanya di bawah ini :

Sejumlah Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan
Sejumlah Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata lari memang memiliki manfaat yang salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Dan juga jarang terdapat tumpukan kolesterol dama pembuluh darah hingga 34 persen.

Menajamkan Mata

Ternyata dengan lari pagi secara teratur dapat membuat mata kita menjadi lebih tajam. Orang yang berlari 56 km dalam seminggi, akan cenderung berhasil menekan resiko terganggunya penglihatan mata kerena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 km per minggu.

Menguatkan Tulang

Lari juga baik untuk menguatkan tulang kita. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian dari Unveristy of Missouri dimana masa tulang para pelari ternyata lebih baik dibanding atlet aerobik lainya. Para peneliti juga melakukan pembandingan kepadatan tulang para pelari dengan pesepada dimana 63 persen para pesepeda memiliki tulang yang lebih jelek dibandingkan dengan para pelari yang hanya 19 persen.

Mendongkrak Gairah

Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori perminggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen

Lancar dalam Berpikir

Penelititan lain yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkstif dibandingkan yang lari hanya sesekali.

Tidur Lebih Lelap

Tidur juga mampu membuat kita tidur lebih lelap. Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidur hingga 17 menit dibandingkan saat mereka tidak berlari. Ditambah mereka menjadi tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

Terbebas dari Dimensia

Journal of America Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin berlari, maka di usia senja jarang yang mengalami kepikunan.

Jarang Terkena Flu

Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibandingkan yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

Bernafas Lebih Lega

Ternyata dengan berlari dapat membuat kita bernafas lebih lega. Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta melakukan olahraga lari, ternyata setelah 3 bulan berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku dapat bernafas lebih lega.

Panjang Umur

Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan resiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan , orang yang aktif berolahraga akan menekan resiko meningal dalam usia muda hingga 50 persen.

Ternyat banyak bukan manfaat dari lari pagi bagi kesehatan. Nah bagi anda yang masih jarang dan malas untuk berolahraga, sepertinya anda harus mulai membiasakan diri untuk olahraga khusunya lari pagi agar anda tetap sehar dan juga dapat menambah panjang umur koh. Semoga artikel mengenai Sejumlah Manfaat Lari pagi Bagi Kesehatan bisa memberikan info yang berguna dan juga dapat menambah wawasan kita semua tentunya, thanks.

Artikel Kesehatan - Sejumlah Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response