Tahukah Anda Jika Kentut Itu Sehat

By - On 17 March 2015 - Categories : Kesehatan

Tahukah Anda Jika Kentut Itu Sehat – Mungkin anda pernah mendengar kalimat tertawalah sebelum ketawa itu dilarang. Nah ada juga nih kalimat baru yaitu kentutlah sebelum kentut itu dilarang. Ya kentut sebetulnya tidak baik jika ditahan sama halnya dengan buang air kecil. Sebenarnya buang angin atau kentut merupakan proses alamiah yang ada manfaatanya bagi kesehatan, dan juga dari sudut pandang ilmiah sangat penting untuk menjadi pemahaman kita bersama.

Tahukah Anda Jika Kentut Itu Sehat
Tahukah Anda Jika Kentut Itu Sehat

Apa Sih yang menyebabkan orang kentut?

Apakah anda pernah bertanya-tanya mengenai apa penyebab dari kentut? Buang angin merupakan proses alami yang terjadi akibat penumpukan gas berlebihan dalam tubuh kita. Gas tersebut berasal dari beberap sumber seperti, udara yang kita hirup, reaksi dari proses kimia yang terjadi di dalam usus dan juga dari bakteri yang hidup di dalam usus.

Bagaimana Bisa Tubuh Kita Memproduksi Gas?

Sebetulnya gas yang keluar saat kita kentut terdiri dari berbagai kandungan yang bervariasi. Sebagian besar itu berasal dari udara yang kita hirup atau oksigen yang diserap tubuh sebelum masuk ke dalam usus. Nah pada saat udara tersebut masuk ke dalam usus besar maka yang akan tersisa adalah nitrogen. Tubuh juga dapat memprodusksi gas karena terjadinya reaksi kimia yang terjadi di dalam lambung dan cairan di usus akan menghasilkan karbondioksida yang juga merupakan salah satu bakteri yang hidup di dalam usus. Selain dapat menghasilkan karbondioksida, bakteri juga menghasilkan hidrogen dan metana. Nah jika mengenai seberapa banyak jumlah gas yang kita keluarkan saat kentut itu tergantung beberapa faktor lain seperti makanan yang kita makan, seberapa banyak udara yang kita hirup dan jenis bakteri apa yang hidup di dalam usus kita.

Menahan Buang Angin dapat Menyebabkan Penyakit?

Bagi seseorang yang sering menahan buang angin pastinya akan merasakan beberapa keluhan yang tentunya tidak nyaman yang mana hal ini terjadi akibat peningkatan gas yang ada di dalam tubuh dan juga pelebaran usus yang menjadi tidak normal. Buang angin yang ditahan dapat menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar.Selain itu juga saat seseorang menhan kentut maka tertahanya gas di dalam usus akan menyebabkan tekanan di rongga usus. Bahkan tekanan ini akan lebih itnggi daripada tekanan parsial yang terdapat di dalam darah, Hal ini akan membuat gas tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah yang mana berada di dinding usus, kemudian beredar ke seluruh tubuh.

Sedangkan dari sudut pandang medis sendiri, buang angin menunjukkan adanya aktivitas usus yang baik. Seseorang yang baru menjalani operasi yang berhubungan dengna organ di dalam perut. Perlu menunggu orang tersebut hingga ia dapat buang angin sebelum akhirnya dia diperbolehkan untuk makan atau minuman. Di dalam dunia kedokteran buang angin bisa menjadi petunjuk bahwa fungsi usus dan organ pencernaan pasien telah berfungsi normal pasca operasi.

Seharunya Seberapa Sering kita Harus Buang Angin

Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang seharusnya seberapa sering kita buang angin? 750 ml gas perhari atau sekitar 14 kali aktivitas buang angin adalah jumlah rata-rata normal yang terjadi pada setiap orang, Jika kurang maupun lebih dari jumlah tersebut maka bisa jadi anda mengalami masalah pada gastrointesial (organ pencernaan).

Karena kentut merupakan proses pembuangan gas dari dalam tubuh yang mana merupakan sebuah proses alami yang tentunya tidak boleh di cegah. Untuk itu jika anda sedang merasa ingin kentun sebaiknya anda tidak menahanya, akan tetapi anda juga harus mencari tempat yang aman agar kentut anda tersebut tidak membahayakan bagi orang lain hehe.

Artikel Kesehatan - Tahukah Anda Jika Kentut Itu Sehat, is Posted Under Tags: , By admin | 4.5

Leave a Reply

Leave a Response